Kamis, 19 Agu 2021 19:08 WIB

NIK 'Dipakai' Orang Lain, Putri Vitalia Sesha Gagal Vaksinasi COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
NIK Dipakai Orang Lain, Putri Vitalia Sesha Gagal Vaksinasi COVID-19 Putri Vitalia Sesha gagal divaksinasi COVID-19. (Foto: CNN Indonesia)
Jakarta -

Kasus gagal vaksinasi COVID-19 karena masalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) telah terdaftar oleh orang lain beberapa kali dilaporkan. Kali ini kejadian tersebut menimpa putri dari Vitalia Sesha, Sheva Audrey.

Sheva mendatangi gerai vaksinasi massal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (18/8/2021). Ia mengaku kecewa ketika tahu tidak bisa mendapat vaksin setelah mengantre lama.

"Udah keinput, udah kedaftar jadi enggak bisa... Kecewa sih, udah nunggu lama-lama terus enggak jadi," kata Sheva seperti dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (19/8/2021).

Kementerian Kesehatan RI beberapa waktu lalu sempat berkomentar bahwa masalah NIK ini terjadi murni karena human error atau kelalaian. Kemenkes menyediakan layanan customer service yang bisa diakses oleh masyarakat untuk mengatasinya.

"Kesalahan input satu digit saja akan sangat berdampak. Bisa terjadi kesalahan di faskes atau di diri sendiri (saat meng-input NIK)," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi pada awal Agustus lalu.

"Kita membuka ruangan call center yang bisa diakses anytime. Bisa melalui email, atau telpon 119. (NIK digunakan orang lain) Tidak ada latar belakang kesengajaan, saya yakin ini karena ada human error seperti salah input," pungkasnya.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)