Kamis, 19 Agu 2021 22:45 WIB

5 Kondisi Kuku Ini Menandakan Ciri-ciri Sudah Terpapar COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
male beauty treatment Foto: iStock

4. Warna oranye pada ujung kuku

Tanda infeksi COVID-19 lainnya terlihat di ujung kuku yang berubah menjadi warna oranye. Dilaporkan pada seorang wanita tua di Italia, perubahan warna ini terjadi hingga 16 minggu setelah didiagnosis COVID-19.

Para ahli mengatakan mereka menjalankan tes yang membuktikan adanya antibodi COVID-19 pada wanita tersebut. Namun, mereka meyakini perubahan warna ini juga sebenarnya bisa disebabkan oleh penyakit lain.

"Perlu dicatat bahwa kelainan kuku dapat memberikan informasi yang berguna mengenai penyakit sistemik yang mendasarinya. Misalnya, kuku kuning dan telangiectasia dasar kuku bisa menjadi tanda penyakit paru obstruktif kronis, dan melanonychia dapat terlihat pada infeksi virus."

5. Kuku tampak terangkat

Onikomadesis juga diyakini disebabkan infeksi coronavirus. Kondisi ini terjadi saat kuku tampak terpisah dari kulit.

Meski begitu, kondisi tersebut juga terlihat pada infeksi lain, terutama penyakit kaki dan mulut, penyakit autoimun dan obat-obatan. Seorang wanita yang rerpapar COVID-19 dan dirawat di RS selama tiga bulan mengaku mengalami kondisi kuku terpisah.

"Kuku dianggap sebagai reservoir virus dengan potensi berperan dalam penularan oleh beberapa pasien, meskipun ini masih belum jelas."

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Dear Orang Tua, Yuk Perketat Prokes Pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/up)