Jumat, 20 Agu 2021 21:59 WIB

Kisah Yuni Risaukan Biaya Berobat di Perantauan & Terbantu JKN-KIS

Yudistira Imandiar - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Keraguan sempat mendera Yuni Ayunika (22) saat akan meninggalkan kampung halamannya di Aceh Tenggara usai menikah dengan lelaki pujaannya. Selain khawatir akan orang tua, ia juga mencemaskan nasibnya jika jatuh sakit di perantauan.

Namun, Yuni bercerita kekhawatirannya sirna begitu ia bisa terdaftar program JKN-KIS. Wanita yang kini menetap di Kabupaten Simeulue, Aceh tersebut merasakan manfaat dari keanggotaanya di JKN-KIS. Beberapa kali ia harus menjalani perawatan di rumah sakit tanpa harus mengeluarkan biaya.

"Jika ditanya apakah program ini membantu, saya akan menjawab tentu sangat membantu. Apalagi saya pribadi sudah beberapa kali menggunakannya untuk berobat di Puskesmas dan rumah sakit," kata Yuni seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (20/8/2021).

Yuni menyatakan ia dan keluarga merasa terbantu dengan adanya Program JKN-KIS, sehingga tidak ada biaya yang harus dikeluarkannya untuk berobat apabila sewaktu-waktu jatuh sakit.

"Saya pernah dirawat dengan diagnosa infeksi saluran kemih, kemudian juga pernah dua kali melahirkan. Bahkan saat hendak melahirkan itu saya sempat kejang-kejang sehingga saya dirawat lebih dari satu minggu serta bayi saya juga harus dirawat selama dua minggu," kisah Yuni.

Ia mengaku sempat was-was memikirkan biaya yang harus dikeluarkannya untuk tagihan rumah sakit dengan kondisi suaminya yang bekerja sebagai tukang bangunan. Namun, ia bersyukur biaya pengobatannya ditanggung JKN-KIS.

"Gelisah, sudah sakit terus kepikiran sama tagihan rumah sakit yang pasti puluhan juta. Tetapi ketika tahu tagihannya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, lega sekali dada saya. Seperti bebannya diangkat semua," seru Yuni.

Yuni juga berharap program ini terus berkelanjutan karena program JKN-KIS dapat menolongnya dan keluarga di saat sakit.



Simak Video "Kemenkes Tegaskan Vaksin Gratis Tanpa Syarat!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)