Senin, 23 Agu 2021 19:28 WIB

Alasan Jokowi Perpanjang-Turunkan Level PPKM Saat COVID-19 Dinilai Membaik

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah. Alasannya situasi COVID-19 di daerah tersebut sudah membaik sehingga kegiatan bisa dibuka kembali secara perlahan.

"Pemerintah memutuskan mulai tanggal 24-30 Agustus 2021 beberapa daerah diturunkan dari level 4 ke 3. Untuk Pulau Jawa dan aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya sudah berada di level 3 mulai tanggal 24 Agustus 2021," kata Jokowi dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

Jokowi berpesan agar membaiknya situasi COVID-19 ini tetap disikapi dengan hati-hati dan kewaspadaan. Rencananya level PPKM akan terus diturunkan secara perlahan seiring meningkatnya disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan, kemampuan tes dan pelacakan, serta cakupan vaksinasi.

"Perbaikan situasi COVID-19 yang kita miliki saat ini tetap harus kita sikapi dengan hati-hati dan penuh kewaspadaan. Pembukaan kembali aktivitas masyarakat tetap harus dilakukan tahap demi tahap seiring peningkatan protokol kesehatan, testing dan tracing yang tinggi, serta cakupan vaksinasi yang semakin luas," kata Jokowi.

"Hal-hal tersebut perlu dilakukan agar pembukaan kembali aktivitas masyarakat tidak berdampak pada peningkatan kasus," pungkasnya.

(fds/up)