Senin, 23 Agu 2021 22:00 WIB

4 Fakta Deddy Corbuzier Terserang Badai Sitokin akibat COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Deddy Corbuzier saat jumpa pers Deddy Corbuzier mengaku terkena badai sitokin (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Presenter Deddy Corbuzier akhirnya muncul dan mengabarkan alasannya rehat dari media sosial selama hampir dua pekan. Rupanya ia sempat terinfeksi COVID-9 dan kondisi kesehatannya memburuk.

Deddy Corbuzier menceritakan awalnya ia terpapar COVID-19 tanpa gejala. Namun, dua pekan setelahnya, Deddy mengalami demam cukup tinggi meskipun hasil tesnya sudah negatif.

Berikut beberapa fakta Deddy Corbuzier terinfeksi Corona.

1. Alami badai sitokin

Deddy menyebutkan dirinya mengalami badai sitokin. Pada saat terkena COVID-19, Deddy Corbuzier mengungkap badai sitokin yang memperburuk kondisinya. Bahkan paru-parunya sempat rusak 60 persen akibat badai sitokin COVID-19.

"Dengan kena badai Cytokine kalau pola hidup saya rusak dari dulu.... I will be gone...," tutur Deddy Corbuzier.

Badai sitokin adalah kondisi respons imun tubuh yang berlebihan, biasanya dipicu oleh infeksi. Sitokin merupakan protein yang mengomunikasikan sinyal-sinyal di tubuh untuk merespons infeksi.

2. Mengaku hampir meninggal

Infeksi yang dialami Deddy membuat kondisinya kritis dan hampir meninggal dunia.

Deddy menyebutkan jika pola hidupnya tidak sehat dari dulu, bisa saja virus Corona merenggut nyawanya. Ia juga mengajak semua masyarakat untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari infeksi Corona.

"Saya sakit.. Kritis, hampir meninggal karena badai Cytokine, lucu nya dengan keadaan sudah negatif. Yes it's COVID," tulisnya dilihat dari akun Instagram pribadi miliknya, Minggu (22/8/2021).

3. Sempat mengonsumsi avigan dan Ivermectin

Deddy menyebutkan jika dirinya sempat mengonsumsi avigan dan Ivermectin.

Ivermectin merupakan obat antiparasit yang disebut memiliki potensi dalam membantu untuk pengobatan pasien COVID-19, sempat diklaim bisa membunuh virus dalam waktu 48 jam. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian dari Monash University dan Doherty Institute.

Meski begitu, perlu untuk diketahui Ivermectin termasuk obat keras dan hingga kini efektivitasnya masih diteliti lebih lanjut, sehingga tidak bisa dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter. Untuk itu, perlu melakukan konsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum mengkonsumsi Ivermectin.

4. Mengonsumsi vitamin D dan Zinc

Deddy mengungkapkan jika dirinya diberi vitamin D dan zinc dosis tinggi oleh dokter saat ia kritis.

"What safe me is my life style.. And they gave me vitD (mereka memberi saya vitamin D). Zinc High dose when I'm in critical situation (Zinc dosis yang tinggi saat saya di masa kritis) ..," tulis Deddy Corbuzier seperti yang dilihat detikcom, Minggu (22/8/2021).



Simak Video "Pengakuan Deddy Corbuzier Sempat Kena Covid-19 dan Nyaris Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)