Selasa, 24 Agu 2021 13:46 WIB

Warga +62 Siap Hidup dengan COVID-19? Ini yang Perlu Dipersiapkan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Pemprov DKI mengklaim Jakarta sudah masuk zona hijau COVID-19. Aktivitas warga pun terpantau sedikit meningkat dari saat awal-awal PPKM. Faktanya? COVID-19 di Indonesia. (Foto: Andhika Prasetya)
Jakarta -

Pemerintah tengah menyiapkan rencana agar Indonesia bisa berdamai dengan COVID-19. Sejumlah aturan pun telah ditetapkan, dari aktivitas di sektor pendidikan hingga industri semuanya akan terhubung di aplikasi PeduliLindungi.

Meski begitu, semua rencana pemerintah akan menjadi kurang maksimal tanpa adanya dukungan dari masyarakat. Lantas apa yang perlu kita persiapkan agar Indonesia bisa berdamai dengan COVID-19?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML), dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan masyarakat yang belum mendapatkan vaksin COVID-19, untuk segera divaksinasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Saat ini, vaksinasi COVID-19 sudah dapat diberikan pada kelompok usia minimal 12 tahun. Kementerian Kesehatan RI menjamin semua target sasaran akan divaksinasi sepenuhnya.

"Masyarakat tidak perlu takut vaksin ini menjadi tidak ada, atau tidak kebagian, kami pastikan seluruh sasaran usia di atas 12 tahun akan mendapat vaksinasi. Sambil menunggu vaksin tiba secara bertahap, kami berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan mengurangi mobilitas," kata dr Nadia, dalam konferensi pers YouTube Antara TV, Selasa (24/8/2021).

Kemudian bagi yang sudah divaksinasi, dr Nadia mengimbau untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. Apabila hal ini dilakukan secara bersama-sama, ia yakin Indonesia bisa menang melawan COVID-19.

"Kombinasi orang yang sudah divaksin, ditambah dengan mengurangi mobilitas secara kesadaran kita sendiri, itu betul-betul kita bisa berperan melawan COVID-19," ujarnya.

"Artinya, dengan protokol kesehatan yang baik, dengan menggunakan masker yang benar, maka laju penularan itu turun. Kita sudah lihat, kalau masyarakat itu patuh menggunakan masker sampai di atas 85 persen, itu virus-virusnya tidak bisa mendapatkan sel manusia (minim terjadi penularan)," tuturnya.



Simak Video "Progres Indonesia Kejar Target WHO soal Capaian Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)