Selasa, 24 Agu 2021 14:50 WIB

Obat Bisul Alami Super Simpel Dijamin Ampuh, Jangan Dipecahkan Sendiri!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Abscess under the chin, area of suppuration. Collection of pus that has built up within the tissue of the body. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Meski berukuran kecil, bisul kerap mengganggu. Tak hanya sakit saat tersentuh atau dibawa beraktivitas, bisul di bagian tertentu tak jarang mengganggu kepercayaan diri. Lantas, adakah obat bisul alami yang ampuh dan gampang didapat?

Dikutip dari Medical News Today, bisul pada dasarnya adalah infeksi kulit akibat bakteri yang terbentuk di folikel rambut dan kelenjar minyak. Biasanya, bisul berkembang di daerah tubuh yang mengalami gesekan atau tekanan seperti wajah, ketiak, selangkangan, bahu, dan bokong. Jika terjadi di kelopak mata, bisul biasa disebut bintitan.

Bisul ditandai dengan munculnya benjolan merah yang menyakitkan, kemudian berkembang membesar berisi nanah. Sebagian besar bisul pecah, mengering, dan sembuh dalam waktu dua hari hingga tiga minggu.

Agar tidak semakin parah, bisul sebaiknya tidak dipecahkan atau dibuka sendiri di rumah. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan dan pengeringan, ada beberapa cara sederhana menggunakan bahan alami yang bisa dicoba.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut beberapa obat bisul alami yang boleh dicoba:

1. Kompres hangat

Dikutip dari Healthline, panas bisa membantu peningkatan sirkulasi di suatu area sehingga membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tersebut untuk melawan infeksi.

Dengan begitu, coba kompres area bisul dengan kain dan air hangat selama 20 menit. Lakukan cara ini tiga atau empat kali sehari untuk mempercepat penyembuhan bisul.

2. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh banyak dikandung dalam produk kulit wajah, khususnya untuk mengatasi tipe wajah berjerawat. Pasalnya, tea tree oil bersifat antibakteri sehingga diyakini efektif mengobati infeksi bakteri penyebab bisul.

Akan tetapi, tea tree oil tidak boleh langsung dioleskan ke kulit, apalagi area yang sedang infeksi akibat bisul. Caranya, campurkan lima tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak kelapa atau zaitun. Kemudian, oleskan larutan ini pada bisul sebanyak dua hingga tiga kali sehari hingga bisul hilang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tanda-tanda Kamu Harus Setop Pakai Skincare"
[Gambas:Video 20detik]