ADVERTISEMENT

Selasa, 24 Agu 2021 16:16 WIB

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Mampu Jaga Sistem Imun Cegah COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Minum Air Kelapa Hijau Plus Air Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya! (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Air kelapa merupakan minuman kaya gizi yang banyak ditemukan di Indonesia. Air kelapa sering diminum di siang hari sebagai minuman yang menyegarkan. Namun, apa saja saja sih manfaat air kelapa?

Air kelapa juga banyak dipilih menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan harian di dalam tubuh. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya.

Dikutip berbagai sumber, berikut manfaat air kelapa untuk tubuh. Apa saja?

1. Mengandung banyak nutrisi

Manfaat air kelapa yang pertama adalah mengandung banyak nutrisi. Satu buah air kelapa berisi lebih dari 90 persen air, sedikit kalori, karbohidrat, serat, dan protein.

Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin C sebesar 10 persen dari kebutuhan harian, magnesium, mangan, potassium, sodium, dan kalsium.

2. Mengandung antioksidan

Antioksidan sangat penting bagi tubuh karena berperan untuk menangkal radikal bebas dalam proses metabolisme. Beberapa studi percobaan telah dilakukan pada hewan pengerat menggunakan air kelapa.

Hasilnya air kelapa mengandung antioksidan dan mampu menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida dalam tubuh. Namun, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat air kelapa ini untuk manusia.

3. Mampu mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung

Dokter spesialis gizi klinis Rumah Sakit Pondok Indah dr Juwalita Surapsari memaparkan bahwa manfaat air kelapa memiliki kadar elektrolit cukup tinggi karena mengandung kalium dan magnesium.

Kedua unsur ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung dalam tubuh. Ini berarti terkait juga pada pencegahan COVID-19 pada mereka yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

4. Berperan sebagai sistem imun

Manfaat air kelapa sendiri mengandung berbagai nutrisi baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu mengandung vitamin B6. Vitamin B6 sangat berperan dalam meningkatkan sistem imun.

"Jika kita lihat kandungan micronutrient-nya, memang kandungannya sangat menonjol pada air kelapa, terutama vitamin, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. Kita tahu B9 itu kita kenal sebagai folat. Ternyata Vitamin B, terutama B6 dan folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan," jelas Dokter Juwalita.


5. Menurunkan gula darah

Beberapa studi pada hewan pengerat menunjukkan bahwa air kelapa bisa menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c yang menunjukkan bahwa gula darah terkontrol.

Air kelapa ini juga merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium sendiri mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

6. Mencegah batu ginjal

Manfaat air kelapa yang keenam adalah dapat mencegah batu ginjal. Batu ginjal dapat dicegah dengan meminum cairan yang cukup. Air putih memang opsi yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.

Namun, ada dugaan bahwa air kelapa lebih baik dari air putih. Batu ginjal terbentuk dari kalsium, oksalat, dan komponen lainnya membentuk kristal di ginjal. Air kelapa ternyata bisa mencegah pembentukan kristal atau batu ginjal.

7. Mengandung asam amino

Asam amino merupakan zat yang pentong untuk perbaikan jaringan. Air kelapa mengandung beberapa asam amino yang lebih tinggi dari susu sapi. Beberapa asam amino yang terkandung di dalam air kelapa antara lain alanin, arginin, sistein, dan serin.

8. Mempercepat penyerapan obat

Terkait manfaat air kelapa, sebuah penelitian dilakukan Manisha DebMandal dari KPC Medical College and Hospital, Kolkata India dan Shyamapada Mandal dari Department of Zoology, Gurudas College Kolkata India menemukan manfaat air kelapa memang mempercepat penyerapan obat dan mempermudah obat itu mencapai tingkat konsentrasi puncak dalam darah karena efek elektrolit yang dimilikinya.

9. Pengganti elektrolit tubuh

Manfaat air kelapa yang terakhir adalah mengandung mineral yang baik agar tubuh bisa mengatur keseimbangan tubuhnya. Ini membuat air kelapa baik untuk diminum setelah berolahraga untuk menggantikan elektrolit dan cairan tubuh.



Simak Video "Campuran Air Kelapa dan Garam Diklaim Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT