Selasa, 24 Agu 2021 21:39 WIB

10 Ciri-ciri Hamil yang Terabaikan, Cepat Lelah hingga Mood Swing

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Young woman looking miserable staring at pregnancy test Foto: Getty Images/SolStock
Jakarta -

Ciri-ciri hamil pada setiap wanita bisa berbeda-beda. Kebanyakan di antara mereka mengalami keterlambatan menstruasi pada saat awal kehamilan.

Meski demikian, tak jarang pula ada wanita yang mengalami ciri-ciri hamil seperti mual dan sering buang air kecil. Perbedaan gejala ini dapat terjadi karena tubuh setiap wanita pasti berbeda, sehingga reaksi yang dirasakan ketika hamil pun bisa berbeda.

Perlu diingat, apa pun gejala yang dialami, kamu perlu melakukan tes kehamilan untuk memastikannya. Berikut beberapa ciri-ciri hamil yang paling umum wanita alami, seperti dikutip dari Mayo Clinic dan American Pregnancy.

1. Telat menstruasi

Telat menstruasi merupakan ciri-ciri umum kehamilan. Apabila kamu mengalami keterlambatan menstruasi selama satu minggu atau lebih dari jadwal biasanya, kemungkinan kamu sedang hamil.

Namun, gejala ini tak bisa dijadikan patokan utama, karena telat menstruasi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan tes kehamilan.

2. Perubahan payudara

Ciri-ciri hamil selanjutnya adalah payudara menjadi terasa lebih kencang. Bahkan, dalam beberapa kasus, payudara terasa nyeri dan tidak nyaman.

Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan hormonal pada awal kehamilan, sehingga payudara menjadi terasa lebih sensitif dan nyeri. Umumnya gejala ini dirasakan saat 1-2 minggu setelah pembuahan.

3. Mual dan muntah

Mual yang dialami dapat disertai dengan muntah atau tidak. Tanda kehamilan ini bisa terjadi kapan saja, baik pagi, siang, maupun malam hari.

Kebanyakan wanita hamil mengalami mual pada saat 2-8 minggu setelah pembuahan. Penyebabnya sendiri hingga saat ini belum jelas, namun ada kemungkinan perubahan hormonal bisa menjadi pemicunya.

4. Sering buang air kecil

Umumnya wanita hamil akan mengalami gejala ini pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan. Jumlah darah yang meningkat selama kehamilan membuat ginjal bekerja lebih ekstra, sehingga kamu akan merasa lebih sering buang air kecil dari biasanya.

5. Cepat lelah

Cepat merasa lemas dan lelah menjadi salah satu ciri-ciri hamil yang kerap dilaporkan. Penyebabnya, hormon progesteron selama masa kehamilan akan meningkat drastis sehingga terjadi perubahan dalam metabolisme tubuh.

Meski demikian, gejala ini umumnya akan menghilang pada trimester kedua kehamilan (minggu ke-13 hingga minggu ke-27). Namun, akan kembali terasa lagi pada saat menuju persalinan.

6. Keluar bercak darah

Berbeda dengan menstruasi, bercak darah ini dikenal sebagai perdarahan implantasi. Hal ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim, sekitar 10-14 hari setelah pembuahan.

Beberapa wanita akan merasakan kram di perut ketika mengalami gejala ini. Namun, perlu diketahui, tak semua wanita mengalami kondisi ini ketika hamil.

Selain ciri-ciri hamil yang paling umum, berikut beberapa tanda kehamilan yang kerap tidak disadari wanita pada awal kehamilan. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Klinik Mata Rusia Gugat WHO Gegara Nama Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]