Rabu, 25 Agu 2021 16:22 WIB

4 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Secara Alami, Mudah Dilakukan di Rumah

Syifa Aulia - detikHealth
A young woman looking shocked as she examines her skin Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Jerawat seringkali menjadi musuh bagi semua orang. Pasalnya, jerawat yang muncul di area wajah dianggap sangat menganggu penampilan. Kondisi itu membuat banyak orang untuk mencari cara menghilangkan jerawat dengan mudah dan cepat.

Cara menghilangkan jerawat yang paling efektif yaitu dengan menggunakan asam salisilat, niacinamide, atau benzoil peroksida. Tetapi bahan-bahan tersebut terbilang cukup mahal dan disertai efek samping berupa kemerahan, iritasi, hingga kulit kering.

Hal itu kemudian mendorong banyak orang untuk mencari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan serta harga yang terjangkau. Dirangkum dari Healthline, berikut beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami di rumah:

1. Cuka apel

Cuka apel terbuat dari hasil fermentasi sari apel. Cuka apel telah dikenal dapat melawan banyak jenis bakteri dan jamur. Salah satu kandungan asam organik, seperti asam sitrat, pada cuka apel terbukti dapat membunuh bakteri propionibacterium acnes (P. acnes), yang biasa muncul pada kulit berjerawat. Kandungan asam laktat dalam cuka ini juga mampu memperbaiki tekstur kulit akibat bekas jerawat.

Di sisi lain, cuka apel dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi. Maka, disarankan untuk menambahkan cairan cuka apel dalam jumlah sedikit.

Cara menggunakan:

- Campurkan 1 sendok cuka apel dan 3 sendok air (pada kulit sensitif harus tambahkan lebih banyak air)
- Bersihkan wajah, lalu oleskan campuran tersebut ke kulit wajah menggunakan kapas
- Diamkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan
- Ulangi cara ini 1-2 kali sehari, atau sesuai kebutuhan.

2. Masker madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat mengurangi jerawat. Studi tahun 2017 mengungkapkan bahwa campuran madu dan ekstrak kulit kayu manis memiliki efek antibakteri terhadap P. acnes. Penelitian lain menemukan bahwa madu dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh P. acnes.

Cara menggunakan:

- Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok the kayu manis untuk membentuk pasta
- Bersihkan wajah, lalu oleskan masker dan diamkan 10-15 menit, dan bilas dengan air

3. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh terbuat dari ekstrak daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Australia. Minyak esensial ini dikenal dapat melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengoleskan minyak ini ke kulit bisa membuat jerawat berkurang.

Cara menggunakan:

- Campurkan 1 sendok minyak pohon teh dengan 9 sendok air
- Celupkan kapas ke dalam campuran itu dan oleskan ke area jerawat
- Boleh oleskan pelembap jika diinginkan
- Lakukan cara ini 1-2 kali sehari, atau sesuai kebutuhan

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat mengurangi jerawat. Teh ini juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak teh hijau yang dioleskan ke kulit dapat mengurangi produksi sebum dan jerawat.

Cara menggunakan:

- Seduh the hijau pada air mendidih selama 3-4 menit
- Dinginkan teh, kemudian celupkan kapas ke dalam teh
- Oleskan kapas ke kulit wajah, tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air
- Cara lainnya adalah dengan menuangkan teh hijau ke dalam botol semprot

Selain itu, cara menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan rutin mencuci muka secara teratur setiap hari. Hindari menyentuh jerawat karena berpotensi menimbulkan iritasi.



Simak Video "Fasilitas Masih Jadi Masalah di Tengah Naiknya Kesadaran Cuci Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)