Senin, 30 Agu 2021 21:27 WIB

Corona di India Naik Lagi, Menkes RI Beri Pesan Begini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Corona di India kembali melaporkan peningkatan kasus COVID-19 tertinggi sejak 2 bulan terakhir. Hal ini terjadi berkaitan dengan acara keagamaan setempat yang memicu kerumunan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyoroti penyebab lonjakan kasus Corona di India perlu menjadi perhatian bersama. Sebab, hal serupa sempat terjadi di Indonesia.

"Karena kita belajar setiap kali ada hari raya besar itu akan men-trigger pergerakan sosial yang besar, kerumunan yang besar sehingga akan terjadi lonjakan," beber Menkes dalam konferensi pers PPKM Senin (30/8/2021).

"Pengalaman kita di Januari karena Nataru, lonjakan kita di Juli karena Idul Fitri. Pengalaman di India lonjakan pertama karena ada upacara keagamaan, kemarin juga ada di daerah Kerala, India, naik lagi berkaitan dengan upacara keagamaan, dengan mulainya musim panas," lanjutnya.

Menkes juga menyinggung kasus Corona yang meningkat di Bali periode Juli hingga Agustus, yang juga berkaitan dengan kegiatan keagamaan. Maka dari itu, Menkes menegaskan penerapan protokol kesehatan di sektor keagamaan sangat penting demi menekan transmisi COVID-19 hingga tidak lagi menghadapi wabah kasus COVID-19.

"Penting sekali prokes diaplikasikan di aktivitas keagamaan," tegas Menkes.

Budi sebelumnya berpesan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan meskipun perkembangan COVID-19 perlahan menunjukkan perbaikan.

"Kita harus eling dan waspada begitu sudah turun, jangan kemudian mengendorkan semuanya sehingga akibatnya naik lagi mobilitasnya dan kita alami lagi kenaikan lonjakan gelombang berikutnya," pungkas dia.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)