Fakta-fakta Varian Corona C.1.2 Asal Afsel, Berpotensi Lebih Menular dari Delta?

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Varian Corona C.1.2 Asal Afsel, Berpotensi Lebih Menular dari Delta?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 31 Agu 2021 19:16 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Foto: Getty Images/loops7

4. Apakah vaksin masih mampu melawan varian C.1.2?

Dr Steain menduga mungkin saja vaksin COVID-19 tidak mampu menetralisir dengan baik varian C.1.2 ini. Dugaan ini muncul setelah melihat beberapa mutasi yang dimiliki varian tersebut yang mirip dengan varian Beta dan Delta.

"Jadi, kami pikir mungkin vaksin tidak akan menetralisir sebaik melawan strain leluhur. Tetapi, sampai kami benar-benar melakukan eksperimen, itu masih spekulatif,"

"Kita harus ingat bahwa sejauh ini vaksin mampu bertahan dengan sangat baik dalam hal mencegah infeksi parah, rawat inap, serta kematian akibat varian. Mereka (vaksin) sangat pandai mencegahnya,"

5. Apa tindakan selanjutnya?

Sampai saat ini, para peneliti di Institut Nasional untuk Penyakit Menular masih terus memantau frekuensi varian itu. Mereka masih mengumpulkan data-data terkait varian C.1.2 ini.

"Kami berhati-hati tentang implikasinya, sementara kami mengumpulkan lebih banyak data untuk memahami virus dari garis keturunan ini," kata para peneliti di Institut Nasional untuk Penyakit Menular.

"Berdasarkan pemahaman kami tentang mutasi pada varian ini, kami menduga bahwa itu mungkin dapat menghindari sebagian dari respons imun. Tetapi, meski demikian vaksin masih akan memberikan perlindungan tinggi terhadap rawat inap dan kematian," pungkasnya.



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT