10 Cara Menghilangkan Jerawat Paling Manjur, yang Jelas Nggak Dipencet

ADVERTISEMENT

10 Cara Menghilangkan Jerawat Paling Manjur, yang Jelas Nggak Dipencet

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Rabu, 01 Sep 2021 21:17 WIB
Beautiful young asian woman looking the mirror and touch face is a acne, zit treatment, beauty girl problem beauty and skin with wrinkled on facial in the room at home, makeup and cosmetic concept.
10 Cara menghilangkan jerawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/narith_2527)

8. Teh hijau

Teh hijau sangat tinggi antioksidan sehingga meminumnya dapat meningkatkan kesehatan.

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mengurangi jerawat. Ini kemungkinan karena polifenol dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Caranya, seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.
Biarkan teh menjadi dingin, lalu gunakan kapas dan oleskan teh ke kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk menyemprotkannya. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air dan keringkan kulit.

9. Putih telur

Kandungan enzim lysonzim yang terdapat di dalam putih telur ternyata mampu digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat secara ampuh.

Caranya, pisahkan putih telur dari kuningnya. Anda bisa menambahkan air perasan lemon, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 - 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

10. Exfoliasi

Exfoliasi adalah proses menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Exfoliasi dapat dilakukan dengan menggunakan sikat atau scrub untuk menghilangkan sel kulit mati.

Exfoliasi juga dapat membuat perawatan jerawat untuk kulit lebih efektif dengan membiarkannya menembus lebih dalam, setelah lapisan kulit paling atas dihilangkan.

Jika memilih exfoliasi sebagai cara menghilangkan jerawat, pastikan untuk menggosok kulit dengan lembut agar tidak merusaknya.

Adapun cara membuat scrub exfoliasi di rumah sebagai berikut.

  • Campurkan gula (atau garam) dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama.
  • Gosok kulit dengan lembut dengan campuran tersebut dan bilas.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT