Kamis, 02 Sep 2021 14:05 WIB

Anjuran Vs Pantangan Setelah Vaksin COVID-19, Ingat-ingat Biar Makin Tokcer!

Ayunda Septiani - detikHealth
Vaksinator menyuntikan vaksin Pfizer kepada warga di kawasan Gedung Judo Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (23/8). Pada hari ini vaksin Pfizer diberikan secara serentak di Jakarta. Makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksin COVID-19. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Vaksinasi yang dilakukan sering kali menimbulkan efek samping ringan seperti rasa sakit pada area suntikan, lengan terasa pegal hingga demam. Ada nggak sih pantangan setelah vaksin COVID-19?

Vaksinasi saat ini menjadi salah satu cara untuk memutus rantai penularan virus COVID-19. Sampai saat ini, distribusi vaksin terus dilakukan untuk membangun kekebalan komunal atau yang disebut dengan herd immunity.

Berikut pantangan setelah vaksin COVID-19 yang harus dihindari.

1. Hindari makan junk food

Pantangan setelah vaksin COVID-19 adalah dengan tidak mengonsumsi makanan junk food. Daripada mengonsumsi makanan olahan, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, buah, sayuran, dan ikan.

2. Hindari minum alkohol

Pantangan setelah vaksin COVID-19 selanjutnya adalah tidak konsumsi alkohol. Hal ini dikaitkan dengan penyebab dehidrasi yang akan dialami oleh tubuh. Tidak hanya dehidrasi, alkohol juga bisa mempengaruhi sistem imunitas dan respon vaksin.

"Kadar alkohol dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan memberikan efek terhadap keefektifan vaksin tetapi jika dalam jumlah banyak sangat mungkin mempengaruhi vaksin," jelas kata dr Leong Moh Ying selaku direktur medis dari klinik B&Co.

3. Jangan berpikir jika vaksinasi membuat kebal akan COVID-19

Tidak ada vaksin yang memiliki tingkat keberhasilan 100 persen. Kamu masih sangat memungkinkan akan tertular COVID-19 bahkan setelah vaksinasi. Tetapi, kemungkinan infeksinya akan jauh lebih ringan.

Vaksin hanya melindungi kamu dari rawat inap, kematian, dan gejala serius. Meski demikian, tetap untuk mengikuti dan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

4. Hindari aktivitas fisik berat setidaknya 2-3 hari

Pantangan setelah vaksin yang keempat adalah tidak beraktivitas fisik yang berat. Tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin. Hindari tindakan-tindakan yang membuat tubuh stres atau merasa tertekan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Seperti Apa Progres Vaksinasi Covid-19 di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]