Kamis, 02 Sep 2021 14:05 WIB

Anjuran Vs Pantangan Setelah Vaksin COVID-19, Ingat-ingat Biar Makin Tokcer!

Ayunda Septiani - detikHealth
Vaksinator menyuntikan vaksin Pfizer kepada warga di kawasan Gedung Judo Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (23/8). Pada hari ini vaksin Pfizer diberikan secara serentak di Jakarta. Makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksin COVID-19. (Foto: Pradita Utama)

Dianjurkan

1. Mengonsumsi vitamin C

Makanan yang dianjurkan setelah vaksin adalah mengonsumsi vitamin C. Dikutip dari laman Eating Well, dokter menganjurkan orang yang baru divaksin bisa mengonsumsi vitamin C.

Meskipun belum ada penelitian komprehensif soal kaitan antara makanan dengan efektivitas vaksin. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan memenuhi asupan vitamin C.

Vitamin C terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu mengonsumsi makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran akan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara baik. Dengan itu, peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa pun teratasi.

2. Mengonsumsi makanan bersifat anti inflamasi

Merasa mual setelah mendapatkan dosis vaksin merupakan hal yang wajar. Sebab, tubuh tengah bekerja menyiapkan imunitas yang lebih kuat.

Makanlah makanan yang memiliki sifat anti inflamasi yang tinggi dikaitkan dengan penurunan efek samping yang kurang nyaman.

"Salah satu tanda tubuh tengah berfungsi adalah dengan mengalami inflamasi akut dengan gejala-gejala yang sangat tidak nyaman, baik nyeri maupun demam," tambah dr Leong.

3. Konsumsi makanan bergizi seimbang sebelum divaksin

Meski tidak sadar jika kamu sedang merasakan efek samping COVID-19 paling umum, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebutkan bahwa terdapat orang yang pingsan usai menerima vaksin. Namun, biasanya hal ini disebabkan oleh gangguan kecemasan atau sakit.

Untuk mencegah terjadinya gangguan kecemasan sebelum kamu vaksin, konsumsi makanan yang bisa membantu meregulasi gula darah, seperti sayuran yang dikombinasikan dengan protein, karbohidrat, serat, dan lemak sehat.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Seperti Apa Progres Vaksinasi Covid-19 di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)