Sabtu, 04 Sep 2021 11:37 WIB

Dokter Bicara Efek dan Bahaya Nyabu via Dubur Seperti Coki Pardede

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Coki Pardede Coki Pardede.. (Foto: Febriyantino/detikhot)
Jakarta -

Komika Coki Pardede menggunakan narkoba jenis sabu dengan cara yang tidak biasa. Disebutkan, Coki mengkonsumsi sabu dengan cara disuntikkan lewat duburnya.

Konsumsi narkoba lewat dubur disebut dapat merangsang pembuluh darah di area tersebut dengan lebih cepat. Spesialis penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo dr Ari Fahrial Syam mengatakan ada kemungkinan seseorang yang menggunakan sabu melalui jalur anal karena mengejar efek cepat dari penggunaannya.

"Jadi dia mungkin masukin ke situ jadi pertama nggak sakit terus langsung ada efeknya kan dia langsung ke mukosa," kata dr Ari saat diwawancarai detikcom, Jumat (4/9/2021).

Penyuntikan narkoba melalui jalur dubur memang disebut bisa mempercepat efeknya karena penyerapannya cepat. Terlebih banyak pembuluh darah di area tersebut dan lebih tidak sakit dibandingkan menyuntik melalui pembuluh darah vena.

Hanya saja, dr Ari mengatakan area penyuntikan di dubur tidak umum dilakukan dan berpotensi terinfeksi. Sebab area anus disebut penuh bakteri dan kotor.

"Ya bahaya lah kalau misal itu ada kotoran kan suntik di situ malah infeksi nanti, infeksi kan mungkin ada pembengkakan ada abses," ujarnya.

Simak video 'Permintaan Maaf Coki Pardede Usai Terjerat Narkoba':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)