Sabtu, 04 Sep 2021 13:32 WIB

Bukan Narkoba, Obat Ini Memang Khusus Disuntikkan Lewat Dubur

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi toilet Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Sejumlah fakta terungkap dari kasus penggunaan narkoba jenis sabu oleh Coki Pardede. Salah satunya adalah sang komika menggunakan sabu dengan cara disuntikkan lewat dubur.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, cara tersebut mungkin dapat merangsang pembuluh darah lebih cepat. Pasalnya, area dubur memang memiliki banyak pembuluh darah.

"Jadi dia mungkin masukin ke situ jadi pertama nggak sakit terus langsung ada efeknya kan dia langsung ke mukosa," kata dr Ari saat diwawancarai detikcom, Jumat (4/9/2021).

Namun, dr Ari menegaskan penyuntikkan lewat dubur sangatlah tidak umum dilakukan dan berpotensi terkena infeksi. Pasalnya, dubur merupakan area organ yang terdapat banyak bakteri dan kotor.

Kendati demikian, dalam beberapa kasus, memang ada beberapa obat yang dianjurkan untuk digunakan lewat dubur. Menurut dr Ari, salah satunya adalah obat ambeien.

"Kalau di anus kan misalnya obat untuk ambeien, kemudian untuk penghilang sakit, kemudian juga untuk anak-anak anti kejang itu bisa juga, atau pencahar sendiri utk BAB (buang air besar) dimasukin obat melalui anus," jelas dr Ari.

"Itu memang anus tempat yang cepat untuk diserap, makanya tadi, misalnya, obat-obatan penghilang sakit anti kejang sama obat ambeien, tapi kalau menyuntikkan sesuatu di situ tidak bisa, tidak umum, malah tidak boleh karena jadi infeksi," tuturnya.

Simak video 'Polisi Singgung Teknik Nyabu Tak Biasa Coki Pardede':

[Gambas:Video 20detik]



(ryh/kna)