Selasa, 07 Sep 2021 09:00 WIB

Ngeri! Seribuan Orang Nekat ke Mal Meski 'Hitam' di PeduliLindungi, Ini Sanksinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Aplikasi PeduliLindungi di mal PeduliLindungi jadi syarat masuk mal. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

PeduliLindungi saat ini menjadi syarat aktivitas di masa PPKM yang kembali diperpanjang hingga 13 September mendatang. Aplikasi PeduliLindungi digunakan sebagai skrining untuk pelacakan pergerakan yang banyak digunakan terutama di aktivitas perdagangan dan transportasi.

Berdasarkan hasil evaluasi penerapan aplikasi PeduliLindungi di enam sektor masyarakat, pemerintah menemukan fakta masih ada masyarakat yang berkeliaran meski terkonfirmasi positif COVID-19.

Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono mengatakan melalui aplikasi PeduliLindungi, ada sekitar 1.625 orang yang terdeteksi masuk ke kategori hitam. Kriteria hitam ini adalah mereka yang positif COVID-19 atau kontak erat dengan yang positif.

"Ini banyak terdeteksi khususnya ketika masuk di mal," kata dr Dante.

Ada empat kriteria di aplikasi PeduliLindungi; hijau untuk yang sudah dua kali vaksin dan tidak ada catatan kontak erat, kuning baru mendapatkan satu dosis vaksin atau penyintas COVID-19, merah belum divaksinasi, dan hitam adalah mereka yang positif COVID-19 atau kontak erat dengan pasien Corona.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan total masyarakat yang melakukan skrining dengan menggunakan PeduliLindungi mencapai 20,9 juta orang.

Dari total 20,9 juta orang tersebut, terdapat 761 ribu orang yang masuk kategori merah, tidak diperkenankan masuk/melakukan aktivitas di tempat publik oleh sistem.

"Dan juga terdapat 1.603 orang dengan status positif dan kontak erat mencoba untuk melakukan aktivitas publik," kata Luhut.

Pemerintah disebut akan menindak dengan tegas orang yang masuk kriteria hitam di PeduliLindungi yang masih berusaha melakukan aktivitas di area publik dengan membawa mereka ke tempat isolasi terpusat.

"Hal ini dilakukan untuk sama-sama menjaga dan melindungi kita semua," tegasnya.

Belum kebagian vaksin COVID-19? Vaksin CT Corp menyediakan vaksin Pfizer di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, untuk jadwal penyuntikan 11 September hingga 1 Desember 2021. Info pendaftaran bisa disimak DI SINI.



Simak Video "Kerap Bermasalah, Aduan PeduliLindungi Sampai Ratusan Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)