Selasa, 07 Sep 2021 14:47 WIB

Koes Hendratmo Meninggal Diduga Karena Sakit Jantung, Waspadai Gejalanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jakarta -

Dunia musik Indonesia kembali berduka. Penyanyi senior Koes Hendratmo meninggal dunia hari ini, Selasa (7/9/2021) di usia 79 tahun.

Kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh Nia, manager dari anak Koes Hendratmo yaitu Bonita. Menurutnya, kemungkinan Koes Hendratmo meninggal akibat penyakit jantung yang memang diidapnya.

"Betul, ayahnya mbak Bonita (anak Koes Hendratmo) meninggal," ujar manajer Bonita, Nia, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (7/9/2021).

"Kemungkinan meninggal karena jantung. Beliau memang punya riwayat penyakit jantung," lanjutnya.

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang sering tidak disadari. Pasalnya, tanda penyakit jantung seringkali mirip penyakit lain, misalnya masalah pernapasan hingga masuk angin.

Lalu, apa saja gejala yang harus diwaspadai jika mengalami penyakit jantung? Berikut rangkumannya, dikutip dari WebMD.

1. Rasa tidak nyaman di dada

Salah satu gejala yang paling umum adalah muncul rasa tidak nyaman pada dada. Jika dada terasa tertekan, nyeri, sesak, hingga terbakar, bisa jadi mengalami serangan jantung. Ini bisa terjadi saat beristirahat atau di tengah beraktivitas selama lebih dari beberapa menit.

Menurut direktur laboratorium kateterisasi jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute, Charles Chambers, MD, jika rasa sakit terjadi sangat singkat atau area tersebut lebih sakit saat disentuh atau ditekan, itu mungkin bukan penyakit jantung. Namun, tetap harus segera diperiksakan ke dokter.

2. Pusing

Ternyata pusing juga termasuk salah satu gejala jika jantung bermasalah. Gejala pusing ini bisa berarti tekanan darah turun karena jantung tidak bisa memompa darah sebagaimana mestinya. Jika pusing ini diiringi gejala lain seperti sesak napas dan muncul rasa tidak nyaman di dada, segera konsultasikan ke dokter.

3. Mudah lelah

Sering merasa tiba-tiba lelah atau kehabisan napas usai melakukan sesuatu juga bisa menjadi salah satu tanda ada masalah pada jantung. Jika kelelahan yang ekstrem ini terjadi selama berhari-hari, segera periksakan ke dokter.

"Jenis perubahan signifikan ini lebih penting bagi kami daripada setiap rasa sakit dan sakit kecil yang mungkin Anda rasakan," kata Vincent Bufalino, MD, juru bicara American Heart Association.

4. Mendengkur

Ketika kelelahan, seringkali orang akan mendengkur saat tidur. Tetapi, jika dengkuran itu terdengar lebih keras seperti terengah-engah atau tersedak, bisa jadi itu tanda dari apnea tidur.

Kondisi ini bisa terjadi saat seseorang berhenti bernapas sejenak beberapa kali saat masih tidur. Ini akan memberikan tekanan yang ekstra pada jantung.

5. Detak jantung tidak teratur

Gejala selanjutnya yang bisa dirasakan adalah detak jantung yang terasa tidak teratur. Jika jantung berdegup kencang lebih dari beberapa detik atau sering terjadi, segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikan adanya risiko penyakit jantung.

Di beberapa kasus, detak jantung yang tidak teratur bisa dipengaruhi kondisi lain, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi kafein atau kurang tidur. Namun, kondisi itu juga bisa menandakan kondisi yang disebut fibrilasi atrium yang membutuhkan perawatan.

(sao/up)
d'Mentor
×
dMentor: Awas Manipulasi Robot Trading
d'Mentor: Awas Manipulasi Robot Trading Selengkapnya