Selasa, 07 Sep 2021 22:07 WIB

Bagaimana Cara Lindungi Si Kecil dari Incaran Pedofil? Ini Saran Pakar

Tim detikHealth - detikHealth
kekerasan anak Pedofilia termasuk gangguan jiwa (Foto: Shutterstock/)
Jakarta -

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan pedofilia sebagai kelainan seksual yang menargetkan anak-anak sebagai objek seksualnya. Orang yang melakukannya disebut sebagai pedofil.

Dikutip dari WebMD, Seksolog Ray Blanchard, PhD, menjelaskan bahwa seorang pedofil memiliki orientasi seksual kepada anak-anak secara berulang. Usia yang paling umum menjadi korban pedofil yaitu 13 tahun ke bawah.

Perlu juga dicatat, pedofil tidak selalu melakukan penganiayaan atau menyerang anak-anak. Ada juga pedofil yang dapat menahan diri untuk tidak menuruti hasrat seksual yang menyasar anak-anak.

"Penganiaya anak ditentukan dari tindakan mereka. Sementara pedofil, ditentukan dari keinginan mereka. Beberapa pedofil dapat menahan diri untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan anak-anak sepanjang hidup mereka," kata Blanchard.

Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) edisi kelima mengungkapkan, salah satu ciri seorang pedofil adalah memiliki fantasi, dorongan, atau perilaku berulang dan intens terhadap aktivitas seksualnya yang melibatkan anak pra-remaja.

"Dorongan seksual ini telah menyebabkan penderitaan yang signifikan atau gangguan dalam fungsi sosial, pekerjaan, atau area penting lainnya," demikian isi DSM.

Karena pedofilia mungkin ada di sekitar kita, tidak ada salahnya jika orang tua mulai memikirkan cara-cara melindungi anak dari incaran mereka. Apa saja?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Bela Idola Meski Salah, Psikolog: Tak Siap Terima Kekurangannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)