Rabu, 08 Sep 2021 05:36 WIB

Ini Syarat Lengkap Bepergian di Masa PPKM Level 2-4

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Syarat Naik KRL Selama PPKM Level 4 Terbaru, Wajib Tahu! Syarat perjalanan selama PPKM (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 13 September 2021 mendatang. Berbagai peraturan pun diperbarui mengikuti kondisi Indonesia yang disebut semakin membaik, salah satunya aturan perjalanan domestik.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) PPKM Level 2, Level 3, dan Level 4 Nomor 39 Tahun 2021, seluruh pelaku perjalanan dengan transportasi pribadi (motor dan mobil) atau umum jarak jauh (pesawat, bus, kapal laut, serta kereta api) wajib memiliki kartu vaksin (minimal vaksin dosis pertama).

"Pelaku perjalanan wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama," demikian bunyi peraturan tersebut yang dikutip detikcom, Selasa (7/9/2021).

Untuk pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi pesawat udara, wajib menyertakan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil H-2 keberangkatan.

Sementara untuk pelaku perjalanan dengan mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api, dan kapal laut wajib menunjukkan hasil negatif antigen yang sampelnya diambil H-1 perjalanan.

Ketentuan yang dimaksud hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa-Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar Jawa dan Bali, serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi seperti wilayah Jabodetabek.

Adapun untuk perjalanan dengan pesawat antarkota atau kabupaten di dalam Jawa-Bali, bisa menunjukkan hasil negatif antigen yang sampelnya diambil H-1 keberangkatan dengan syarat sudah divaksinasi dosis kedua.

Jika baru mendapatkan vaksin Corona dosis pertama, pelaku perjalanan wajib menunjukkan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil H-2 keberangkatan. Tetapi, untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya cukup menunjukkan kartu vaksin.

Bagi wilayah Jawa-Bali yang masih menerapkan PPKM level 4, berbagai transportasi umum seperti kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional maupun online, serta kendaraan sewa/rental kapasitasnya dibatasi. Kapasitasnya maksimal 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berbeda dengan PPKM level 4, wilayah PPKM level 3 kapasitas kendaraan maksimal 70 persen. Sedangkan wilayah PPKM level 2, diizinkan beroperasi dengan kapasitas 100 persen.



Simak Video "Kok Bisa Harga PCR Covid-19 di India Cuma Rp 100 Ribuan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)