Rabu, 08 Sep 2021 07:04 WIB

Viral Bawang Putih Tarik Cairan dari Paru-paru Pasien Corona, Ini Faktanya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Garlic on wooden cutting board Hoax bawang putih menarik lendir pasien COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita)
Jakarta -

Sempat beredar viral narasi di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa memasukkan bawang putih bisa mengeluarkan cairan dari paru-paru pasien COVID-19. Ini merupakan praktik keliru yang justru bisa menimbulkan iritas.

Pada Juni lalu, sempat beredar viral video TikTok akun @hwannah5 yang memperlihat seorang wanita dan pria memasukkan bawang putih ke hidung. Beberapa menit kemudian keluar cairan lendir dari hidung mereka.

Video ini kemudian disebarkan kembali ke akun Facebook dengan judul 'Bawang Putih Bisa Menarik Cairan Dari Paru-Paru Pasien COVID-19,' lengkap dengan narasi yang menyebut bahwa bahwa paru-paru pasien COVID-19 tak mampu memompa oksigen karena dipenuhi cairan.

Dalam narasi tersebut juga disebutkan 'dengan meletakkan bawang putih selama belasan menit disebut bisa membersihkan paru-paru.'

Narasi ini dibantah tegas oleh ahli kesehatan dokter Alghufron, praktisi kesehatan dari RS Jatisampurna. Meletakkan bawang putih merupakan cara yang keliru. Sebab, lendir yang keluar dari hidung bukanlah cairan dari paru-paru, melainkan bentuk mekanisme pertahanan tubuh.

"Justrus karena tubuh kita lagi merasa, wah, bahaya nih ini ada yang menyumbat saluran pernafasan kita nih, ini ada sesuatu yang sifatnya iritatif nih, bisa bikin iritasi nih. Makanya, sebagai mekanisme pertahanan tubuh akhirnya terproduksilah itu tadi lendir-lendir, ingus gitu," papar dr Alghufron, dikutip dari YouTube FMB9ID_IKP, Selasa (07/09/2021).

"Jadi, sekali lagi, bukan mengeluarkan cairan di paru-paru, tapi malah justru merangsang organ pernapasan kita untuk memproduksi cairan lebih banyak lagi," tegasnya.

Tidak ada bukti ilmiah yang menemukan bahwa memasukan bawang putih ke hidung bisa mengeluarkan cairan dari paru-paru. Hal ini justru berdampak buruk terhadap kesehatan karena bisa menimbulkan iritasi.

Di samping itu, pasien COVID-19 berisiko pingsan kekurangan oksigen karena lubang hidungnya tertutup bawang putih dalam waktu yang lama.



Simak Video "Hoax Vaksin Timbulkan Varian Baru dan Sebabkan Kematian Dalam 2 Tahun!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)