Rabu, 08 Sep 2021 13:20 WIB

5 Obat Sakit Gigi yang Mudah Ditemukan di Rumah

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
3D illustration of Mandible - Part of Human Skeleton. Sejumlah obat sakit gigi yang bisa ditemukan di rumah. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Rasa nyut-nyutan akibat sakit gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengobatinya, ada beberapa obat sakit gigi alami yang bisa kamu temukan di rumah.

Misalnya, dengan menggunakan garam atau es batu untuk meredakan nyeri sakit gigi. Namun, apabila gejala sakit gigi tetap bertahan selama lebih dari dua hari, ada baiknya untuk konsultasikan ke dokter.

Dikutip dari Healthline, berikut sejumlah obat sakit gigi alami yang dapat ditemukan di rumah.

1. Garam

Garam bisa menjadi obat sakit gigi yang mudah ditemukan di rumah. Caranya, kamu hanya perlu berkumur dengan larutan air garam.

Air garam dapat berperan menjadi disinfektan alami untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Untuk membuat air garam, kamu hanya perlu mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

2. Es batu

Apabila sakit gigi disebabkan oleh cedera akibat benturan, es batu bisa menjadi salah satu solusinya.

Kamu dapat memanfaatkan es batu sebagai kompres dingin untuk meredakan nyeri sakit gigi. Pasalnya, kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Untuk menggunakan cara ini, kamu dapat membungkus sejumlah es batu ke dalam kain tipis, kemudian tempelkan kain tersebut ke area yang nyeri selama 20 menit.

3. Teh peppermint

Obat sakit gigi lainnya yang dapat ditemukan di rumah adalah teh peppermint. Kamu bisa menggunakan teh celup peppermint untuk meredakan sakit gigi dan gigi sensitif.

Caranya adalah dengan mendinginkan teh celup peppermint yang telah diseduh ke dalam freezer selama beberapa menit. Kemudian tempelkan teh celup tersebut ke area gigi yang sakit.

4. Bawang putih

Sudah sejak lama bawang putih dipercayai sebagai obat sakit gigi. Bawang putih disebut dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi dan juga bertindak sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan cara ini, hancurkan satu siung bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada area gigi yang sakit.

5. Cengkih

Obat sakit gigi alami selanjutnya adalah cengkih. Minyak cengkih efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada gigi.

Hal ini karena, cengkih mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menjadikannya sebagai obat sakit gigi, kamu dapat mengoleskan sedikit minyak cengkih ke area yang sakit. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas air untuk dijadikan sebagai obat kumur.



Simak Video "Progres 15 Penelitian Obat Herbal Sebagai Tambahan Terapi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/fds)