Rabu, 08 Sep 2021 17:19 WIB

WHO: COVID-19 akan Terus Bersama Kita, Seperti Virus Flu

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Mutasi varian baru B117 dikonfirmasi terdeteksi di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono mengumumkan dua kasus varian Corona dari Inggris, Selasa (2/3/2021). Indonesia bukan negara pertama di Asia yang melaporkan adanya mutasi baru virus Corona B117. Foto ilustrasi: Getty Images
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut COVID-19 kemungkinan akan tetap 'tinggal bersama kita', karena virus terus bermutasi di negara-negara yang tingkat vaksinasinya masih rendah. Hal ini menjadikan virus Corona tidak bisa dihilangkan sepenuhnya.

"Saya pikir virus ini akan ada di sini tinggal bersama kita dan berkembang seperti virus influenza, itu akan berkembang menjadi salah satu virus lain yang mempengaruhi kita," ucap Direktur Program Darurat Kesehatan WHO, Mike Ryan, Selasa (8/9/2021), dikutip dari CNBC.

Meski saat ini sudah ada vaksin COVID-19 yang efektif dalam melawan virus Corona, Ryan mengatakan keberadaan vaksin tidak bisa menjamin dunia bisa terbebas dari penyakit ini.

Beberapa pakar kesehatan terkemuka lainnya, seperti penasihat kesehatan Gedung Putih, Dr Anthony Fauci, dan CEO vaksin Moderna, Stephane Bancel, pun telah memperingatkan bahwa dunia harus bisa hidup berdampingan dengan COVID-19, seperti halnya influenza.

"Orang-orang mengatakan kami akan menghilangkan atau membasmi virus," ucap Ryan.

"Tidak, itu sangat tidak mungkin," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Tim Teknis WHO, Maria Van Kerkhove mengatakan apabila dunia dapat bertindak lebih cepat untuk menghentikan virus saat kemunculan COVID-19, mungkin situasinya tidak akan seburuk ini.

"Pandemi ini tidak perlu seburuk ini," ujar Maria.



Simak Video "SAGO, Penasihat WHO yang Bertugas Temukan Asal Usul Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)