ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Sep 2021 21:59 WIB

10 Obat Asam Lambung Alami Penangkal Perut Melilit Tak Karuan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
7 Tips Makan Penderita Asam Lambung Agar Tak Sering Kambuh Obat asam lambung (Foto: iStock)

4. Cengkeh

Dalam dunia pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda, cengkeh sering digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Cengkeh ini bersifat karminatif yang bisa mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan.

Untuk mengkonsumsinya, bisa tambahkan cengkeh saat memasak makanan seperti kacang merah atau lentil hitam yang cenderung bisa menyebabkan perut kembung. Selain itu, bisa juga dikonsumsi bersamaan dengan kapulaga dengan cara dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung serta menghilangkan bau mulut.

5. Jahe

Obat asam lambung selanjutnya adalah jahe. Selain bisa membuat badan hangat, sifat anti inflamasi yang ada terkandung dalam jahe bisa menetralkan asam lambung.

Untuk mengkonsumsinya, bisa dengan mengunyah seiris jahe segar atau meminum satu sendok jus jahe sebanyak 2-3 kali sehari. Cara lainnya, bisa dengan merendam irisan jahe segar dalam secangkir air mendidih dan diminum saat masih hangat.

6. Air kelapa

Selain segar, air kelapa juga bisa menjadi pilihan obat untuk asam lambung. Air kelapa yang kaya akan serat ini bisa membantu pencernaan dan mencegah asam lambung kambuh lagi.

"Saat Anda minum air kelapa, tingkat pH asam tubuh Anda berubah menjadi basa," tambah Dr Ahuja dari Rumah Sakit Fortis.

Air kelapa juga bisa membantu menghasilkan lendir di perut. Fungsinya untuk melindungi perut dari efek berbahaya yang disebabkan oleh produksi asam yang berlebih.

7. Pisang

Pisang juga bisa menjadi obat asam lambung karena kandungan antasida alami yang dimilikinya. Kandungan ini berfungsi sebagai penyangga terhadap refluks asam.

Buah ini sangat populer dan dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi asam lambung. Cukup makan satu buah pisang setiap hari untuk mencegah asam lambung yang menyiksa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT