ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Sep 2021 21:59 WIB

10 Obat Asam Lambung Alami Penangkal Perut Melilit Tak Karuan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
7 Tips Makan Penderita Asam Lambung Agar Tak Sering Kambuh Obat asam lambung (Foto: iStock)

8. Teh herbal

Dikutip dari Medical News Today, teh herbal juga bisa menjadi pilihan untuk obat asam lambung karena tidak mengandung kafein. Selain itu, teh herbal juga diyakini bisa memperbaiki pencernaan dan meredakan pusing atau mual.

Namun, usahakan untuk tidak mengkonsumsi teh herbal yang mengandung mint karena dikhawatirkan bisa memicu refluks asam. Sebagai pilihan, bisa memilih teh herbal berbahan dan beraroma chamomile, licorice, teh hijau, adas, serta buah-buahan.

9. Apel

Selain baik untuk orang yang ingin diet, apel juga efektif mengurangi gejala asam lambung. Pektin atau serat larut air yang ada pada apel diyakini bisa mengurangi frekuensi mulas dan masalah pencernaan.

"Serat larut diperlukan untuk membantu mengatur pencernaan dan telah terbukti mengurangi rasa panas dalam beberapa penelitian," kata ahli diet, Jeanette Kimszal dikutip dari Insider.

"Apel juga merupakan sumber yang kaya mineral [seperti] kalsium, magnesium, dan potasium. Nutrisi ini berguna untuk menurunkan asam lambung," lanjutnya.

10. Oatmeal

"Asam adalah faktor iritasi dan serat dalam oatmeal atau produk gandum seperti roti gandum dan pasta dapat membantu menguranginya (asam). Kandungan serat yang tinggi dari makanan ini membantu menyerap dan mengurangi asam yang menumpuk dan menyebabkan mulas," kata ahli diet Emily Wunder.

Namun saat mengolahnya, pastikan bahan oats dan obat asam lambung herbal lainnya tidak dicampur dengan bahan lain pemicu asam lambung seperti tomat, bawang putih, dan bahan pedas.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT