10 Obat Asam Lambung Alami Penangkal Perut Melilit Tak Karuan

ADVERTISEMENT

10 Obat Asam Lambung Alami Penangkal Perut Melilit Tak Karuan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 08 Sep 2021 21:59 WIB
7 Tips Makan Penderita Asam Lambung Agar Tak Sering Kambuh
Obat asam lambung (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat asam lambung naik, pastinya membuat seseorang merasa tidak nyaman karena rasa nyeri dan perih yang muncul di perut. Jika ini terjadi, harus segera mengkonsumsi obat asam lambung untuk mengatasinya.

Dikutip dari Healthline, asam lambung atau Gastroesophageal reflux (GERD) adalah pergerakan asam lambung ke atas hingga kerongkongan. Penderita GERD akan mengalami sensasi terbakar di area dada bagian tengah, bawah, atau belakang.

Menurut ahli gizi dari New Delhi Anshul Jaibharat, asam lambung ini bisa disebabkan beberapa faktor. Misalnya seperti:

  • Jarak waktu makan yang lama
  • Perut yang kosong
  • Konsumsi teh, kopi, alkohol yang berlebihan
  • Merokok yang berlebihan
  • Mengkonsumsi makanan yang pedas

Untuk mengatasinya, berikut beberapa obat asam lambung tradisional yang bisa menjadi pilihan, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Daun kemangi

Dikutip dari Food NDTV, ternyata daun kemangi bisa menjadi salah satu pilihan obat asam lambung alami. Saat asam lambung terjadi, segera makan beberapa daun kemangi untuk mengatasinya.

Selain itu, bisa juga merebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Sering-sering juga menghirup daun kemangi karena bisa menjadi salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk keasaman.

2. Kayu manis

Bahan sederhana selanjutnya yang bisa menjadi pilihan obat asam lambung adalah kayu manis. Ini berfungsi sebagai antasid alami untuk asam lambung dan bisa menenangkan perut dengan meningkatkan pencernaan serta penyerapan.

Cobalah dengan mengkonsumsi teh kayu manis. Cara ini bisa untuk menyembuhkan infeksi pada saluran cerna.

3. Gula Merah

Ternyata gula merah yang rasanya sangat manis itu juga bisa menjadi obat asam lambung alami lho. Menurut Dr Manoj K Ahuja dari Rumah Sakit Fortis, New Delhi, kandungan magnesium dalam gula merah bisa membantu kekuatan sistem pencernaan.

"Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, gula merah membantu meningkatkan kekuatan usus," katanya.

Gula merah bisa membuat sistem pencernaan yang lebih bersifat basa untuk mengatasi keasaman pada lambung. Caranya, coba isaplah sepotong gula merah setelah makan. Selain itu, gula merah juga bisa membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan perut selama musim panas atau kemarau.

Bahan alami apa lagi yang bisa dijadikan obat asam lambung? Klik ke halaman selanjutnya.

4. Cengkeh

Dalam dunia pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda, cengkeh sering digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Cengkeh ini bersifat karminatif yang bisa mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan.

Untuk mengkonsumsinya, bisa tambahkan cengkeh saat memasak makanan seperti kacang merah atau lentil hitam yang cenderung bisa menyebabkan perut kembung. Selain itu, bisa juga dikonsumsi bersamaan dengan kapulaga dengan cara dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung serta menghilangkan bau mulut.

5. Jahe

Obat asam lambung selanjutnya adalah jahe. Selain bisa membuat badan hangat, sifat anti inflamasi yang ada terkandung dalam jahe bisa menetralkan asam lambung.

Untuk mengkonsumsinya, bisa dengan mengunyah seiris jahe segar atau meminum satu sendok jus jahe sebanyak 2-3 kali sehari. Cara lainnya, bisa dengan merendam irisan jahe segar dalam secangkir air mendidih dan diminum saat masih hangat.

6. Air kelapa

Selain segar, air kelapa juga bisa menjadi pilihan obat untuk asam lambung. Air kelapa yang kaya akan serat ini bisa membantu pencernaan dan mencegah asam lambung kambuh lagi.

"Saat Anda minum air kelapa, tingkat pH asam tubuh Anda berubah menjadi basa," tambah Dr Ahuja dari Rumah Sakit Fortis.

Air kelapa juga bisa membantu menghasilkan lendir di perut. Fungsinya untuk melindungi perut dari efek berbahaya yang disebabkan oleh produksi asam yang berlebih.

7. Pisang

Pisang juga bisa menjadi obat asam lambung karena kandungan antasida alami yang dimilikinya. Kandungan ini berfungsi sebagai penyangga terhadap refluks asam.

Buah ini sangat populer dan dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi asam lambung. Cukup makan satu buah pisang setiap hari untuk mencegah asam lambung yang menyiksa.

8. Teh herbal

Dikutip dari Medical News Today, teh herbal juga bisa menjadi pilihan untuk obat asam lambung karena tidak mengandung kafein. Selain itu, teh herbal juga diyakini bisa memperbaiki pencernaan dan meredakan pusing atau mual.

Namun, usahakan untuk tidak mengkonsumsi teh herbal yang mengandung mint karena dikhawatirkan bisa memicu refluks asam. Sebagai pilihan, bisa memilih teh herbal berbahan dan beraroma chamomile, licorice, teh hijau, adas, serta buah-buahan.

9. Apel

Selain baik untuk orang yang ingin diet, apel juga efektif mengurangi gejala asam lambung. Pektin atau serat larut air yang ada pada apel diyakini bisa mengurangi frekuensi mulas dan masalah pencernaan.

"Serat larut diperlukan untuk membantu mengatur pencernaan dan telah terbukti mengurangi rasa panas dalam beberapa penelitian," kata ahli diet, Jeanette Kimszal dikutip dari Insider.

"Apel juga merupakan sumber yang kaya mineral [seperti] kalsium, magnesium, dan potasium. Nutrisi ini berguna untuk menurunkan asam lambung," lanjutnya.

10. Oatmeal

"Asam adalah faktor iritasi dan serat dalam oatmeal atau produk gandum seperti roti gandum dan pasta dapat membantu menguranginya (asam). Kandungan serat yang tinggi dari makanan ini membantu menyerap dan mengurangi asam yang menumpuk dan menyebabkan mulas," kata ahli diet Emily Wunder.

Namun saat mengolahnya, pastikan bahan oats dan obat asam lambung herbal lainnya tidak dicampur dengan bahan lain pemicu asam lambung seperti tomat, bawang putih, dan bahan pedas.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT