Minggu, 12 Sep 2021 09:43 WIB

Seekor Anjing atau Badut Menyeramkan? Bisakah Kamu Melihat Ilusi Optik Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilusi optik anjing yang viral. Foto: Tangkapan layar/Twitter
Jakarta -

Pengambilan foto dengan sudut pandang yang tepat kadang dapat menimbulkan ilusi optik. Di media sosial orang-orang berdebat mengenai foto apakah ini.]

Pengambilan foto dengan sudut pandang yang tepat kadang dapat menimbulkan ilusi optik. Beberapa foto bahkan viral di media sosial karena membuat netizen berdebat sebenarnya foto apa yang mereka saksikan.

Seperti contohnya foto satu ini. Sebagian netizen mengaku melihat siluet sosok mengerikan seperti badut, namun lainnya berusaha meluruskan bahwa yang ada di dalam foto adalah seekor anjing dalam posisi beristirahat.

Ilusi optik anjing yang viral.Ilusi optik anjing yang viral. Foto: tangkapan layar/Twitter

"Penyesalan datangnya belakangan. Saya melihat ini di malam hari saat akan tidur. Sekarang saya tidak bisa tidur," komentar salah satu pengguna Twitter.

Bagi netizen yang bisa melihat wajah seperti manusia pada foto, psikologi menjelaskan fenomena ini sebagai pareidoila. Mereka yang mengalami pareidoila bisa membuat gambaran ekspresi dari berbagai objek secara acak.

Professor Kang Lee dari University of Toronto menjelaskan kepada Daily Mail, Jumat (5/1/2018), bahwa pareidolia sendiri adalah hal yang wajar.

"Temuan kami menunjukan bahwa sangat umum orang-orang melihat hal tersebut. Karena otak manusia terhubung secara unik untuk mengenali wajah, sehingga walaupun hanya ada sedikit petunjuk tentang fitur wajah (dari objek yang dilihat), otak secara otomatis menafsirkannya sebagai wajah," ujar Kang Lee.



Simak Video "Saran Psikolog Agar Tidak Stres Akibat Baca Berita Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)