Senin, 13 Sep 2021 09:36 WIB

Bedakan Pien Tze Huang Palsu Tak Semudah Bedakan Uang Palsu!

Sponsored - detikHealth
PT Saras Subur Abadi Foto: PT Saras Subur Abadi
Jakarta -

Banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan produk obat-obatan tradisional dari Tiongkok, salah satunya yaitu Pien Tze Huang. Khasiat utama obat Pien Tze Huang, yakni membantu memelihara kesehatan fungsi hati.

Sebagaimana diketahui, hati termasuk organ tubuh yang berperan penting dalam menyerap racun yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, masyarakat yang sudah mengenal obat ini juga meyakini khasiatnya, terutama untuk pemulihan luka saat setelah operasi.

Sayangnya, reputasi besar dari Pien Tze Huang mendorong oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memproduksi produk palsu. Hingga saat ini, produk palsu Pien Tze Huang banyak beredar di pasaran.

Bahkan, ditemukan pula penjual yang mengaku produk yang ia jual, dibeli sendiri ketika berlibur di Tiongkok, atau titipan dari sanak saudara di Tiongkok. Tidak bisa dipungkiri, Pien Tze Huang memang primadona bagi obat Tiongkok. Pasalnya, dengan khasiatnya yang sudah dirasakan turun temurun, harga untuk satu butir obat ini juga tidak murah bernilai jutaan rupiah.

Membedakan Pien Tze Huang palsu memang tidak semudah membedakan uang palsu yang sudah ada patokannya sendiri. Sebab, terkadang produsen obat palsu terlalu 'lincah' dengan terus memperbaharui dan menyamarkan produknya sedemikian rupa sehingga terlihat seperti asli. Oleh sebab itu, agar tidak tertipu sebaiknya jangan mudah percaya dengan iklan obat di website atau situs-situs online.

Perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi obat palsu dapat berisiko menyebabkan beberapa jenis masalah seperti berikut ini.

Menimbulkan keracunan karena kandungan di dalam obat palsu memang tidak jelas maka risiko untuk terkena keracunan juga sangat tinggi. Apalagi jika terdapat efek kontradiksi jika seandainya digunakan bersamaan dengan obat-obatan yang lain.

Risiko komplikasi, bukannya malah menyembuhkan, mengonsumsi obat palsu justru bisa jadi penyebab komplikasi. Obat palsu juga dapat menyebabkan penyakit menjadi lebih berat karena efek senyawa yang tidak jelas dalam obat tersebut.

Alergi dan dampak buruk lainnya yang juga sangat mungkin untuk Anda rasakan akibat dari pemakaian obat palsu. Mengingat obat palsu hanya sekedar mencantumkan komposisi layaknya obat yang asli. Padahal sebenarnya kandungan yang ada di dalamnya tidak sama sehingga risiko mengalami alergi karena produk obat-obatan palsu juga sangat tinggi.

"Konsumen diharapkan lebih teliti dan cermat saat membeli Pien Tze Huang, dan jangan segan-segan menolak apabila fisik barang yang dilihat tidak sesuai dengan ciri-ciri keaslian Pien Tze Huang," ujar Manajer Humas PT Saras Subur Abadi, selaku importir resmi Pien Tze Huang di Indonesia Narvathirosa dalam keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

Narvathirosa mengimbau agar konsumen tidak mudah tergiur dengan penjual atau iklan-iklan obat yang terlalu berlebihan. Konsumen perlu curiga dan waspada bila penjual obat melakukan hal-hal sebagai berikut.

  • Menawarkan harga yang miring dari harga pasar. Untuk itu, konsumen diharapkan mengetahui harga pasaran yang dijual guna menghindari penjual palsu dengan iming-iming harga miring.

  • Menawarkan produk yang mengaku barang titipan langsung dari luar negeri. Konsumen juga perlu bijak dalam mengambil keputusan. Walaupun tidak semua barang yang langsung dibeli dari luar negeri itu palsu, namun ini dapat menjadi celah untuk para produsen obat palsu dengan cara mengaku barang tersebut asli sehingga akan menjadi sulit untuk dibuktikan.

Berikut ini beberapa cara mudah bagi Anda untuk mengenali perbedaan antara Pien Tze Huang asli dengan yang palsu, yaitu dengan 3P.

1. Perhatikan

Perhatikan bahwa Pien Tze Huang asli terdapat stiker hologram SSA dari PT Saras Subur Abadi, satu-satunya importir resmi yang menjual produk Pien Tze Huang di dalam negeri. Perhatikan juga kemasan produk, Pien Tze Huang asli akan terdapat Nomor Izin Edar POM TI 164 250 351 dari Badan POM RI.

PT Saras Subur Abadi Foto: PT Saras Subur Abadi
PT Saras Subur Abadi Foto: PT Saras Subur Abadi

2. Periksa

Periksalah 16 digit nomor seri produk yang terdapat di balik stiker anti pemalsuan (terletak di atas kanan kemasan). Nantinya, nomor tersebut dapat Anda masukkan dan cek lewat http://english.t3315.com/. Nomor seri ini bisa dicek di website tersebut untuk membuktikan apakah produknya memang asli atau tidak. Patut juga untuk diperhatikan bahwa nomor seri hanya dapat digunakan untuk sekali pengecekan dan tidak bisa digunakan lagi setelahnya.

PT Saras Subur Abadi Foto: PT Saras Subur Abadi

3. Pastikan

Pastikan selalu meminta kemasan Pien Tze Huang, baik ketika Anda membeli Pien Tze Huang di toko obat maupun secara online. Lalu, pastikan juga ketika Anda membelinya secara langsung di toko obat maka mintalah obat tersebut untuk ditumbuk dan dikapsulkan secara langsung di depan Anda. Sedangkan untuk pembelian secara online, pastikan selalu meminta kemasan dari produk tersebut sehingga nantinya kemasan dari obat tidak akan disalahgunakan oleh oknum 'nakal'.

PT Saras Subur Abadi Foto: PT Saras Subur Abadi

Itulah cara untuk mengecek keaslian Pien Tze Huang. Jika Anda terindikasi membeli obat Pien Tze Huang palsu, segera hubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) POM dengan telfon ke nomor 1500533.

Semoga dengan lebih bijak dan teliti dalam membeli obat-obatan khususnya Pien Tze Huang, para konsumen dapat terhindar dari pemalsuan produk karena dampaknya bisa sangat berbahaya jika mengonsumsi obat palsu. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo SSA di nomor WhatsApp 0817 822 922.

(Content Promotion/PT Saras Subur Abadi)