Senin, 13 Sep 2021 12:09 WIB

Nonton Video Binatang Lucu Bisa Usir Stres? Ini Faktanya

Jihaan Khoirunnisa - detikHealth
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Apakah kamu sedang banyak pikiran? Atau bahkan mengalami stres akibat kerjaan? Jika ya, cobalah untuk beberapa menit menonton potongan video binatang-binatang lucu. Menurut penelitian, ternyata hal tersebut bisa mengurangi stres yang kamu alami.

Mengutip dari Very Well Mind, beberapa ilmuwan telah mencoba mencari tahu cara terbaik untuk meningkatkan mood seseorang. Apakah dengan melakukan journaling, mendengarkan musik, meditasi, atau menonton video.

Hasilnya, video yang bernuansa positif seperti video tingkah lucu binatang ternyata menjadi pembangkit mood paling ampuh. Bahkan, memiliki efek yang lebih kuat terhadap perubahan mood ketimbang musik, lho. Hal ini sejalan dengan pernyataan seorang peneliti bernama Barbara Fredrickson.

Barbara menilai dengan semakin baiknya mood akan mendorong seseorang untuk menjadi lebih aware akan potensi yang mereka miliki, dan dalam jangka panjang akan membangun daya tahan terhadap stres. Sehingga secara tidak langsung dengan menonton video-video yang menyenangkan lama-kelamaan akan membantu kamu dalam mencegah serta mengelola stres.

Riset lain yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris menunjukkan hasil serupa. Menonton video lucu tentang hewan terbukti efektif mengusir rasa stres dan kecemasan. Penelitian tersebut juga menguji efek menonton video-video lucu hewan selama 30 menit terhadap tekanan darah dan detak jantung.

"Video menampilkan beberapa anak kucing, anak anjing, serta bayi gorila. Ada juga quokka yang disebut sebagai hewan paling bahagia di dunia karena selalu tersenyum dan ramah pada manusia," ujar Dr. Andrea Utley dikutip dari laman resmi CNN.

Adapun responden yang berpartisipasi sebanyak 19 orang yang terdiri dari 15 mahasiswa kedokteran dan 4 orang staf. Penelitian dilakukan selama masa ujian di musim dingin pada tahun 2019 yang merupakan periode dengan tingkat stres tertinggi bagi mahasiswa.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya penurunan tekanan darah, detak jantung serta kecemasan dari hampir seluruh responden. Tekanan darah yang semula berada di kisaran 136/88 kembali normal menjadi 115/71. Sementara untuk detak jantung mengalami penurunan sebesar 6,5 persen menjadi 67.4 bpm.

Di samping itu, tingkat kecemasan responden juga menurun sebanyak 35 persen. Tingkat kecemasan ini diukur menggunakan State-Trait Anxiety Inventory, yaitu metode pengukuran untuk mendiagnosa kecemasan individu merujuk pada panduan American Psychological Association (APA).

"Saya terkejut sekaligus senang selama sesi pengujian. Karena setiap responden menunjukkan penurunan di semua aspek. Detak jantung menurun, begitu pun tekanan darah," terang Utley.

"Selain itu, ketika responden mengisi kuesioner mereka mengaku rasa cemasnya berkurang," lanjutnya.

Nah, dari sejumlah penelitian tadi bisa disimpulkan menonton video lucu tentang hewan ternyata memiliki dampak baik untuk kesehatan. Tidak hanya sebagai hiburan, video tersebut bisa mengurangi penat pikiran.

Agar mantap, video-video tersebut bisa Anda tonton di Samsung Galaxy Z Fold3. Ponsel ini memiliki layar lebar berukuran 7,6 inch yang memanjakan mata pengguna. Samsung juga membekali perangkat ini dengan teknologi Under Display Camera sehingga pandangan mata ke layar akan lebih luas dan nyaman.

Sesuai namanya, Under Display Camera disematkan secara tersembunyi dirancang sedemikian rupa dengan mengurangi jumlah pixel yang berada tepat di atas kamera. Jarak antar pixel pun telah dioptimalkan, hal ini untuk memungkinkan cahaya melewati celah kamera.

Dengan adanya teknologi ini, layar akan semakin imersif dan pandangan akan jauh lebih luas. Bahkan, pengguna juga bisa mendapatkan area tampilan yang lebih luas tidak hanya untuk menonton, melainkan juga untuk bermain game serta melakukan panggilan video.

Galaxy Z Fold3Galaxy Z Fold3 Foto: Dok. Samsung

Layar immersive dengan under display camera di Galaxy Z Fold3 pun semakin komplet dengan pemanfaatan teknologi layar Eco terbaru. Inovasi ini dapat meningkatkan kecerahan layar hingga 29% dibandingkan pendahulunya, Galaxy Z Fold2, namun dengan konsumsi energi yang relatif lebih rendah.

Saat ini, Samsung Galaxy Z Fold3 dijual seharga Rp 24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp 26.999.000 (12GB/512GB). Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.



Simak Video "5 Alasan Galaxy Z Fold3 Patut Kamu Lirik!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)