ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Sep 2021 19:01 WIB

Cara Mengobati Gusi Bengkak, Bisa Dicoba di Rumah sebagai Pertolongan Pertama

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi gigi Ilustrasi gigi dan gusi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

3. Pakai minyak esensial

Artikel di European Journal of Dentistry pada 2013 menyebut bahan-bahan seperti peppermint, pohon teh, dan minyak thyme efektif mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri penyebab penyakit di mulut, termasuk gusi bengkak.

Untuk menggunakan minyak esensial sebagai pereda gusi bengkak, campurkan 3 tetes minyak esensial peppermint, thyme, atau pohon teh dengan 8 ons air hangat. Aduk, kemudian kumur selama 30 menit. Muntahkan dan jangan ditelan.

Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam sehari, hingga bengkaknya hilang.

4. Gunakan lidah buaya

Menurut artikel Journal of Clinical and Experimental Dentistry pada 2016, kandungan chlorhexidine sebagaimana yang diyakini ada pada lidah buaya efektif mengobati bengkak dan radang gusi. Maka untuk meredakan gusi bengkak, obat kumur dengan ekstrak lidah buaya bisa digunakan.

Kumur dengan obat kumur lidah buaya sebanyak 2 kali sehari. Lakukan ini selama 10 hari, atau sampai bengkak ada gusi mengempis.

5. Pakai gel kunyit

Studi dari National Journal of Maxillofacial Surgery menyebut gel kunyit efektif mengontrol plak pada mulut dan mengurangi gejala radang gusi. Peneliti meyakini, hal ini disebabkan sifat anti inflamasi pada kunyit.

6. Oleskan madu alami

Madu diyakini mengandung zat yang mampu meredakan pembengkakan. Untuk menggunakan madu sebagai pereda gusi bengkak, oleskan madu alami pada bagian gusi yang bengkak. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari, setidaknya sampai bengkak mengempis.

Namun sebaiknya, di samping cara mengobati gusi bengkak secara alami, periksakan kondisi gusi ke dokter gigi untuk pengobatan paling tepat. Dengan begitu, penyebab gusi bengkak bisa diketahui secara tepat, begitu juga penanganannya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT