Kamis, 16 Sep 2021 09:32 WIB

Mulai Diproduksi 2022, Segini Kisaran Harga Vaksin Merah Putih Unair

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Pt Biotis Pharmaceutical Indonesia dan Universitas Airlangga ditargetkan mulai diproduksi pada 2022 mendatang. Vaksin Merah Putih produksi dalam negeri ini diharapkan bisa hadir dengan harga yang terjangkau.

"Mudah-mudahan kami bisa atau mengembangkan vaksin dan memproduksi vaksin dengan harga yang affordable, mudah-mudahan bisa kurang dari USD 5," kata Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, FX Sudirman dalam rapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (15/9/2021).

Dengan asumsi kurs Rupiah terhadap Dolar AS sebesar Rp 14.200, harga satu dosis vaksin akan berkisar Rp 71.000. Vaksin Merah Putih ini diharapkan bisa mulai disuntikkan untuk masyarakat pada Juli 2022.

Sebagai informasi, vaksin Merah Putih yang saat ini dikembangkan Biotis adalah whole genome inactivated covid vaccine yang merupakan kerja sama dengan Universitas Airlangga dan didukung RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Vaksin Merah Putih produksi PT Biotis dan Universitas Airlangga sedang dalam tahap 2 uji praklinik dan akan segera memasuki tahapan proses uji klinik. Tahapan uji ini diharapkan akan selesai bulan September.

(kna/naf)