Kamis, 16 Sep 2021 14:02 WIB

Curhat Maia Estianty Punya Penyakit Kulit Rosacea, Apa Itu?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Maia Estianty Maia Estianty mengaku mengidap penyakit kulit rosacea. (Foto: instagram @maiaestiantyreal)
Jakarta -

Musisi cantik Maia Estianty dikenal memiliki kulit wajah yang cerah dan mulus. Namun, ternyata ia memiliki penyakit kulit bernama rosacea yang mungkin sulit disembuhkan.

"Aku punya penyakit rosacea. Rosacea itu penyakit kulit, keturunan yang mungkin tampak seperti jerawat, padahal nggak. Dan kulit-kulitnya tuh merah, nah tuh susah disembuhin, malah mungkin nggak bisa disembuhin," kata Maia Estianty, seperti dikutip dari Maia ALELDUL TV, Kamis (16/9/2021).

Maia Estianty mengatakan kulit wajahnya menjadi sangat sensitif terhadap perubahan cuaca. Misalnya, ketika cuaca sedang panas, kulitnya akan berubah menjadi merah.

"Makanya aku sering ke klinik karena aku butuh treatment itu supaya nggak terlalu marah ini kulitnya. Karena ini susah abnget, kena panas dikit merah, kena dingin dikit merah," ujarnya.

Apa itu sebenarnya rosacea?

Dikutip dari Mayo Clinic, rosacea adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kulit kemerahan dan bintik seperti jerawat. Rosacea dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan pembuluh darah tampak terlihat di wajah.

Gejala Rosacea dapat muncul selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Kemudian gejalanya akan hilang dalam sementara waktu dan muncul kembali.

Apa penyebab rosacea?

Penyebab rosacea hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun bisa jadi karena sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, faktor keturunan, faktor lingkungan, atau kombinasi dari semuanya.

Rosacea tidak disebabkan oleh kurangnya kebersihan. Penyakit ini juga tidak menular.

Apa saja faktor risiko rosacea?

Siapa pun dapat terkena penyakit kulit rosacea. Namun, beberapa orang dengan seperti ini lebih mungkin mengidap rosacea, sebagai berikut.

  • Memiliki kulit yang cerah, terutama ika telah rusak karena sinar matahari
  • Berusia di atas 30 tahun
  • Punya kebiasaan merokok
  • Memiliki riwayat keluarga yang mengidap rosacea.


Simak Video "Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 Jelang Libur Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)