Kamis, 16 Sep 2021 17:00 WIB

Wow! China Klaim Sudah Vaksinasi COVID-19 Lebih dari 70 Persen Warganya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Elderly people dance in a public area along the Yangtze River in Wuhan on January 11, 2021, as the city marks the first anniversary of when China confirmed its first death from the COVID-19 coronavirus. (Photo by NICOLAS ASFOURI / AFP) China mengklaim telah memvaksinasi COVID-19 lebih dari 70 persen warganya. (Foto: AFP/NICOLAS ASFOURI)
Jakarta -

Menjadi negara pertama yang mendeteksi kasus Corona, China telah berhasil menyelesaikan vaksinasi COVID-19 kepada lebih dari 70 persen warganya. Sebanyak 70 persen dari 1,4 miliar penduduk China dilaporkan telah divaksinasi secara penuh.

Dikutip dari Reuters, juru bicara National Health Commission di China mengatakan bahwa sebanyak 1,01 miliar orang di negaranya telah divaksinasi COVID-19 secara penuh pada 15 September 2021.

Lima dari tujuh jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di China adalah produk vaksin dengan dua dosis. Vaksin Sinovac dan Sinopharm menjadi jenis vaksin COVID-19 yang paling banyak digunakan di negara itu.

Sebelumnya ahli pernapasan terkemuka di China, Zhong Nanshan, sempat memprediksi bahwa negaranya akan mencapai herd immunity pada akhir tahun 2021. Hal ini bisa tercapai ketika 80 persen penduduknya telah divaksinasi COVID-19.

"Kemanjuran vaksin yang dikembangkan China adalah sekitar 70 persen, sehingga negara akan membutuhkan lebih dari 80 persen populasi untuk divaksinasi sebelum membangun kekebalan kelompok," kata Zhong, dikutip dari CGTN.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/fds)