Jumat, 17 Sep 2021 12:46 WIB

Mulan Jameela Minta Vaksin Merah Putih Go International, Biar Warga Bisa Umrah

Vidya Pinandhita - detikHealth
mulan jameela  anggota dpr priode 2019- 2024 Mulan Jameela. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela alias R Wulansari menanyakan status vaksin Merah Putih di negara-negara selain RI. Pasalnya ia menyebut ada merek vaksin COVID-19 tertentu yang tidak diakui sejumlah negara.

"Yang ingin saya tanyakan mengenai sejauh apa Kemenperin memiliki pengawasan terhadap efikasi atau pengakuan dari negara luar? Vaksin Merah Putih ini harus diakui oleh negara luar," bebernya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI bersama Dirjen IKFT Kemenperin RI, Rabu (15/9/2021).

"Menurut saya ini penting untuk jadi perhatian kita semua karena beberapa waktu lalu ada salah satu vaksin yang tidak diakui oleh beberapa negara di luar dan itu menjadi ketakutan masyarakat 'ah saya nggak mau pakai vaksin itu'," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, FX Sudirman, menyebut vaksin Merah Putih garapannya bersama Universitas Airlangga (Unair) akan diproduksi dan digunakan masyarakat RI mulai Juli 2022. Kini, pihaknya tengah menyelesaikan uji praklinik yang diprediksi rampung September 2021.

Di samping rasa bangganya terhadap proses pengerjaan vaksin Merah Putih sebagai vaksin COVID-19 buatan dalam negeri, Mulan Jameela menyebut pengakuan dari negara lain penting untuk dipertimbangkan.

Terlebih mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, ia berharap penerima vaksin Merah Putih tetap bisa mengunjungi Mekah untuk beribadah umroh.

"Apalagi Indonesia ini mayoritas agama Islam. Kemarin kita sempat mendengar isu kita tidak bisa pergi ke Mekah karena alasan vaksin segala macam. Artinya, ini perlu jadi perhatian. Vaksin Merah Putih harus diakui oleh negara luar tentunya di dunia," pungkasnya.



Simak Video "Hasil Menjanjikan dari Uji Pre Klinik Vaksin Merah Putih Buatan Unair"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)