Jumat, 17 Sep 2021 14:15 WIB

Bahas Vaksin Merah Putih, Mulan Jameela: Vaksin Nusantara Tak Kalah Ditunggu!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Mulan Jameela saat ditemui di Gedung DPR. Mulan Jameela. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela alias R. Wulansari menyinggung vaksin Nusantara besutan eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam pembahasan vaksin Merah Putih. Mengingat vaksin Merah Putih disebut bakal dipakai masyarakat RI Juli mendatang, apa kata Mulan?

Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, FX Sudirman, menjelaskan vaksin Merah Putih yang dikembangkannya bersama Universitas Airlangga (Unair) ditargetkan bakal digunakan masyarakat RI mulai Juli 2022. Kini, pihaknya tengah menyelesaikan uji praklinik yang diprediksi rampung September 2021.

"Jiwa nasionalisme itu langsung tinggi, bangga banget padahal (vaksin Merah Putih) belum produksi kan baru mau menuju fase uji klinis bulan depan," ujar Mulan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI bersama Dirjen IKFT Kemenperin RI, Rabu (15/9/2021).

Menurutnya, vaksin Merah Putih harus diakui negara-negara selain Indonesia. Ia berharap dengan begitu, warga Indonesia tak perlu pilih-pilih vaksin COVID-19 untuk bisa keluar negeri, termasuk ke Mekah untuk ibadah umroh.

Dukungan serupa ia berikan pada vaksin Nusantara. Menurutnya, vaksin Nusantara juga merupakan vaksin COVID-19 buatan anak bangsa yang perlu didukung dalam pengerjaannya.

"Ini sudah menjadi rambu-rambu yang sangat baik walaupun ada plus-minusnya. Ada vaksin yang lain karya anak bangsa, vaksin Nusantara juga tidak kalah ditunggunya lho. Mengapa saya bicara seperti ini? Ya ini bentuk dukungan dari anggota Komisi VII tentunya kita ingin sekali mempergunakan vaksin (COVID-19) karya anak bangsa," bebernya.

"Hidup vaksin Merah Putih dan tentunya vaksin Nusantara juga dong," pungkas Mulan Jameela.



Simak Video "Hasil Menjanjikan dari Uji Pre Klinik Vaksin Merah Putih Buatan Unair"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)