Sabtu, 18 Sep 2021 22:01 WIB

Terpopuler Sepekan

Arti Organ Intim Rusak 'Stadium 4' yang Sempat Bikin Heboh

Ayunda Septiani - detikHealth
Self defense, studio portrait of scared woman raising hands up in defense Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/triocean)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu sempat heboh Ayah Taqy Malik, Mansyardin Malik, dituduh memaksakan perilaku seks menyimpang kepada istri sirinya, Marlina Octoria.

Hal ini menyebabkan kerusakan parah pada organ intim Marlina yang disebut hingga stadium 4. Apa artinya?

Dijelaskan pakar kesehatan saluran cerna RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menyebut bahwa istilah 'stadium' tidak lazim digunakan untuk menggambarkan tingkat kerusakan pada organ intim akibat perilaku seks menyimpang.

Menurutnya, istilah 'stadium' umumnya digunakan pada tingkat keparahan suatu penyakit seperti, kanker.

Meski demikian, Prof Ari mengatakan bahwa perilaku seks menyimpang sebagaimana dituduhkan kepada Mansyardin memang bisa menimbulkan risiko yang serius. Selain bisa meningkatkan risiko infeksi, otot-otot dubur juga bisa menjadi longgar sehingga tidak bisa menahan BAB (buang air besar).

Beberapa infeksi yang bisa terjadi akibat seks menyimpang ini, seperti human immunodeficiency virus (HIV), herpes simplex virus (HSV), hingga hepatitis B, C dan human papilloma virus (HPV). Ditambah lagi dengan adanya bahaya dari infeksi bakteri termasuk gonore hingga syphilis, yang menyebabkan diare berdarah dan berlendir.

"Akibat yang paling berbahaya dari anal sex ini adalah terjadi kanker anus," sambung Prof Ari.

Namun, tudingan soal melakukan seks menyimpang tersebut dibantah oleh Mansyardin Malik.

"Saya katakan dengan tegas itu tidak benar sama sekali," kata Mansyardin Malik saat konferensi pers di kawasan Antasari, Jakarta Selatan, Selasa (14/9/2021).

Tonton tayangan e-Life dengan tema Seks Anal di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(ayd/ayd)