Minggu, 19 Sep 2021 13:55 WIB

6 Orang Ditanya Seberapa Sehat Saat Ini, Ini Jawabannya

Nurcholis Maarif - detikHealth
Muda belum tentu sehat Foto: detikcom
Jakarta -

Saat ditanya seberapa sehat kamu saat ini jika dilihat dari usia yang telah dilalui hingga gaya hidup yang sedang dijalani, bagaimana kamu menjawabnya?

Untuk kamu yang belum lama ini sakit dan berobat mungkin akan memberikan jawaban yang pasti. Namun tidak bagi mereka yang jarang ke dokter, atau minimal hanya ke dokter saat sedang sakit.

Data Kementerian Kesehatan tahun 2020 menyebut Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit katastropik (penyakit yang membutuhkan biaya yang besar untuk pengobatannya) dengan penyebab kematian tertinggi di Indonesia yang saat ini terjadi pada usia produktif. Hal ini disebabkan karena gaya hidup anak muda yang kurang sehat dan terlambat untuk mendeteksi penyakit.

Dasar itulah yang juga menjadi latar belakang CXO Media berkolaborasi dengan Prodia dalam episode Perspektif terbarunya mengundang beberapa orang untuk melakukan social experiment dalam bentuk spectrum untuk mengetahui seberapa sehat pola hidupnya. Ada 6 partisipan yang dengan usia muda hingga lanjut usia.

Antara lain Widodo (67), Jeffrey (65), Chitra (39), Amala (21), Iqbal (23), dan Faisal (24). Semua partisipan ditanya dengan daftar pertanyaan yang sama. Saat menjawab setuju, mereka akan maju satu langkah. Jika sebaliknya tidak setuju, maka mereka diminta untuk mundur.

Adapun pertanyaan itu di antaranya tentang pola tidur 8 jam sehari, berolahraga minimal satu kali seminggu, tidak bisa hidup tanpa kopi, bisa hidup tanpa gadget, dan terbiasa bangun pagi setiap hari sekalipun hari libur.

Lalu tentang rutin mengonsumsi sayur dan buah-buahan, perokok, konsumsi minuman beralkohol, konsumsi vitamin dan suplemen setiap hari, memiliki penyakit turunan/bawaan, pergi ke dokter hanya ketika sakit, dan medical check up secara teratur.

Hasilnya ternyata bermacam-macam. Partisipan yang lebih tua ternyata belum tentu juga berada paling depan dibanding yang lebih muda. Begitupun saat ditanya seberapa yakin sehat saat ini.

Ada yang menjawab 80% yakin sehat, 70%, 60%, dan bahkan 40%. Mereka pun berpesan untuk yang lebih memperhatikan kesehatan saat ini untuk hidup jangka panjang yang lebih berkualitas.

"Kesenangan dalam melakukan hal yang mereka lakukan dengan bebas saat ini itu harus dipertimbangkan, karena dalam jangka panjang tidak menunjang hidup kita yang berkualitas. Yang saya amati anak muda kurang memperhatikan kesehatan," ujar Widodo.

"Yang perlu diperhatikan anak muda bahwa kesehatan adalah investasi dalam jangka panjang untuk kualitas hidup yang baik," imbuhnya.

Hal sama dirasakan Citra. Ia yang senang minum kopi itu mengaku menyesal kurang makan sayur dan kurang minum air putih yang banyak.

"Istilahnya dulu nggak suka sayur, dulu lu suka sayur pola hidup akan terjaga. Air putih gue sedikit banget, makanya pernah kena penyakit anyang-anyangan. Yang itu dua hal kalau inget banyak minum air putih, dari early boleh minum kopi, tapi air putih juga, sayur juga," ujarnya.

Untuk itu, yuk periksa kesehatan berkala sejak muda #LetsCheckUp #JelasDiandalkan. Adapun episode Perspektif selengkapnya bisa cek di sini.

(fhs/up)