Senin, 20 Sep 2021 16:43 WIB

Satu Lagi Negara Tetangga RI yang Diamuk COVID-19 Hingga Terapkan Lockdown

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Corona Viruses against Dark Background Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Saat kasus COVID-19 di Indonesia cenderung melandai, negara tetangga malah diamuk Corona. Satu lagi negara di Asia Tenggara yang mengalami lonjakan kasus berujung pemberlakukan lockdown.

Laos telah memberlakukan penguncian wilayah di ibu kota Vientiane dan melarang perjalanan antara provinsi yang dilanda COVID-19, ketika kasus melonjak ke rekor tertinggi.

Dikutip dari CNA, lonjakan kasus selama akhir pekan terkait dengan klaster baru yang ditemukan di pabrik garmen negara itu, dengan sebagian besar pekerja terinfeksi strain Delta yang sangat menular.

Tetapi lonjakan Corona sejak pertengahan April membuat beban kasusnya terus meningkat, dan pada hari Sabtu (18/9/2021) negara itu melaporkan 467 kasus baru infeksi lokal, penghitungan tertinggi selama COVID-19 merebak di negara tersebut.

Laos sejauh ini mencatat total 19.399 kasus dan 16 kematian.

Walikota Vientiane, tempat sebagian besar kasus terdeteksi, menyatakan penguncian ketat akan dilakukan per Minggu (19/9/2201) selama dua pekan, memerintahkan penduduk untuk tinggal di rumah mereka kecuali mendapatkan makanan atau obat-obatan, atau pergi ke rumah sakit.

Perjalanan antara tujuh provinsi yang terkena dampak parah lainnya dilarang, sementara masuk ke Vientiane membutuhkan karantina selama 14 hari.

Semua pertemuan publik - bahkan upacara keagamaan - juga dilarang, demikian juga kegiatan termasuk olahraga di luar ruangan dan menjual makanan jalanan, menurut media pemerintah KPL.



Simak Video "Meksiko Tak Lockdown Meski Kasus Infeksi Covid-19 Dalam Kondisi Gawat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)