Senin, 20 Sep 2021 17:45 WIB

Tingkat Penularan COVID-19 di RI Kurang dari 1 Persen, di Bawah Rata-rata Dunia!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Situasi pandemi COVID-19 terus mengalami penurunan. Terjadi penurunan kasus aktif dan kasus harian meski kematian masih tinggi.

Menko Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan kasus COVID-19 di Indonesia mulai terkendali. Tingkat transmission rate atau tingkat penularannya pun di bawah rata-rata dunia.

"Transmission ratenya per 14 September adalah 0,59 atau di di bawah rata-rata 1. Ini lebih baik dibandingkan global," katanya dalam konferensi pers, Senin (20/9/2021).

Jika dibandingkan negara lain, situasi Corona berdasarkan transmission rate Indonesia masih cukup baik di mana China berada di rentang 1,53, Australia 1,14 dan Amerika 1,03. Penilaian di bawah 1 ini berarti infeksi komunitas mulai terkendali.

"Walau mulai terkendali masih ada risiko kenaikan kasus karena kenaikan mobilitas sehingga perlu hati-hati dan waspada" bebernya.



Simak Video "Gelombang Ketiga Diprediksi Terjadi Januari-Februari 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)