Senin, 20 Sep 2021 18:07 WIB

Soroti Kematian Nakes Oleh KKB di Papua, Menkes: Keamanan Nakes Harus Terjamin!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Kekerasan yang berujung kematian tenaga kesehatan di Papua membawa duka cita yang mendalam bagi banyak pihak. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan duka cita yang mendalam dan menyesalkan peristiwa kekerasan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dialami oleh tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok.

"Sangat menyesalkan peristiwa kekerasan oleh KKB di Papua sehingga mengakibatkan salah satu tenaga kesehatan kami gugur dalam melaksanakan tugas mulianya," kata Menkes dalam konferensi pers, Senin (20/9/2021).

Menkes mengatakan tenaga kesehatan memang dikirimkan ke seluruh pelosok Indonesia untuk berperang melawan penyakit, khususnya COVID-19. Ia berharap keamanan dan kenyamanan kerja tenaga kesehatan terjamin di manapun mereka berada.

Tenaga Kesehatan merupakan garda terdepan dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga keselamatan mereka menjadi hal yang utama. Terlebih lagi Indonesia masih berperang melawan pandemi Covid-19 dimana peran tenaga kesehatan sangat krusial.

"Kita harus menjaga keamanan dan kenyamanan kerja seluruh tenaga kesehatan," tegas Menkes.

(kna/up)