Senin, 20 Sep 2021 18:27 WIB

Ada Risiko Gelombang Ketiga COVID-19, Ini Strategi Menkes Agar Tak Terjadi

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Meski kasus COVID-19 di sebagian besar wilayah Indonesia mengalami penurunan, para ahli mewanti-wanti adanya gelombang ketiga Corona. Untuk itu masyarakat masih diminta tetap berhati-hati dan tidak kendur dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut ada beberapa hal yang harus tetap dijalankan meski kasus Corona di Tanah Air sudah turun dan tetap mengacu pada strategi penanganan pandemi.

"Ini yang perlu kita pahami untuk mencegah gelombang ketiga di pandemi ini atau sudah berubah menjadi endemi tetap guidance dari WHO harus kita jalankan," kata Menkes dalam konferensi pers, Senin (20/9/2021).

Selain memperkuat protokol kesehatan, deteksi kasus meliputi testing, tracing, dan treatment tidak boleh diabaikan. Program vaksinasi dan pelayanan rumah sakit juga harus ditingkatkan.

Sebelumnya disebutkan transmission rate atau tingkat penularannya pun di bawah rata-rata dunia. Transmission rate per 14 september adalah 0,59 atau di dibawah rata-rata 1.

Walau mulai terkendali, masih ada risiko kenaikan kasus karena adanya kenaikan mobilitas sehingga perlu tetap berhati-hati dan waspada.

(ayd/up)