Selasa, 21 Sep 2021 13:00 WIB

Kafe dan Restoran Bisa Buka Sampai Jam 12 Malam, Catat Aturannya

Ayunda Septiani - detikHealth
Asian waitress wear protective face mask scan customer temperature by thermometer before entering the restaurant to protect infection from coronavirus covid-19, social distancing concept Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat)
Jakarta -

Aturan baru dari pemerintah mengizinkan restoran dan kafe di Jawa dan Bali boleh beroperasi hingga jam 12 malam atau pukul 00.00 waktu setempat, dengan sejumlah ketentuan yang sudah ditetapkan.

Pelonggaran ini mulai berlaku pada periode perpanjangan PPKM level 2-4 dari 21 September hingga 4 Oktober 2021

Bagaimana ketentuan aturan buka restoran dan kafe?

Ketentuan operasional restoran dan kafe masih harus berpedoman dengan aturan PPKM Jawa dan Bali yang masih berlaku.

Ketentuan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 43 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam aturan tersebut, dijabarkan adanya aturan jam operasional untuk daerah yang berstatus PPKM level 3 dan 2.

Perbedaan ini menyangkut dengan pembatasan kapasitas restoran dan kafe yang diizinkan makan dan minum di tempat.

Restoran dan kafe yang diizinkan buka hingga jam 12 malam merupakan restoran, rumah makan, kafe dengan operasional yang dimulai dari malam hari.

"Dengan protokol kesehatan yang ketat dan jam operasional pukul 18.00 sampai dengan maksimal pukul 00.00 waktu setempat," tulis aturan dalam instruksi Mendagri.

Di daerah berstatus PPKM level 3, restoran/rumah makan, kafe dengan jam operasional dimulai dari malam hari dapat beroperasi dengan ketentuan sebagai berikut:

  • dengan protokol kesehatan yang ketat dan jam operasional pukul 18.00 sampai dengan maksimal pukul 00.00 waktu setempat.
  • kapasitas maksimal 25 persen.
  • satu meja maksimal 2 orang.
  • waktu makan maksimal 60 menit.
  • wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

Sedangkan di daerah berstatus PPKM level 2, restoran/rumah makan, kafe dengan jam operasional dimulai dari malam hari dapat beroperasi dengan ketentuan sebagai berikut:

  • dengan protokol kesehatan yang ketat dan jam operasional pukul 18.00 sampai dengan maksimal pukul 00.00 waktu setempat. dengan kapasitas maksimal 50 persen.
  • waktu makan maksimal 60 menit.
  • wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

Aturan teknis mengenai hal ini lebih lanjut diatur oleh Pemerintah Daerah setempat. Perlu untuk diingat, ketentuan tersebut hanya berlaku untuk restoran dan kafe yang beroperasi di malam hari.



Simak Video "Angka Infeksi Covid-19 Merosot Drastis, Satgas: Perjuangan Rakyat"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)