Selasa, 21 Sep 2021 16:00 WIB

Nggak Sabar Bawa Anak Nge-mal? Tunggu, Pahami Dulu Aturan Ini

Vidya Pinandhita - detikHealth
Anak-anak sudah boleh masuk mal di DKI Ilustrasi anak-anak sudah boleh masuk mal seiring PPKM berlevel 2, 3, dan 4. Foto: Salwa Aisyah Sheilanabilla/detikHealth
Jakarta -

Seiring pelonggaran dalam perpanjangan PPKM terbaru, wilayah DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Yogyakarta, dan Kota Surabaya sudah memperbolehkan anak-anak usia di bawah 12 tahun masuk mal. Namun tak bisa sembarangan, rupanya ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi orang tua jika ingin mengajak anak 'nge-mal'.

"Memang sudah ada pelonggaran, tapi tentu bukan berarti kebebasan. Jadi pelonggaran itu pelonggaran yang bertanggung jawab. Anak-anak orang tuanya sudah divaksinasi semua dan kemudian orang tuanya pasti sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi yang tidak berwarna hitam, mesti sudah hijau," terang Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Alexander Ginting, dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/9/2021).

"Kalau dia tidak berwarna hijau, masih hitam atau belum vaksinasi, tentu tidak diperbolehkan masuk. Ada pendekatan kekeluargaan. Orang tua yang membawa anak sudah mempunyai aplikasi yang hijau. Artinya kalau hijau, dia sudah divaksin dan tidak ada bukti lab yang menunjukan PCR dia positif (COVID-19)," sambungnya.

Ia menambahkan, anak-anak juga perlu mengikuti prosedur protokol kesehatan sebelum memasuki area mal. Misalnya, dengan melakukan cek suhu. Ditegaskan, anak-anak yang diajak masuk mal harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan gejala COVID-19 sama sekali. Selain itu anak-anak juga harus didampingi orang tua, tidak boleh masuk sendirian.

"Bukan berarti bebas kapasitas. Ada kapasitas yang membatasi sehingga dia harus cek in (orang tua). Kalau dia masuk 50 persen atau di bawah 25 persen, dia tidak bisa check in. Mereka yang sudah di dalam mal begitu keluar akan check out," pungkas Alexander.



Simak Video "Jangan Lengah! Gejala Covid-19 Pada Anak yang Perlu Diwaspadai"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)