Selasa, 21 Sep 2021 21:00 WIB

Dulu Sempat Nolak, Nenek Ini Akhirnya Mau Divaksin Pfizer Demi Bisa Umrah

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Vaksinasi Pfizer di Menara Bank Mega. Seorang nenek sedang divaksinasi COVID-19. (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 dengan merek Pfizer masih berlangsung di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan. Sekitar 900-1.000 orang divaksinasi per harinya.

Seperti diketahui, vaksin Pfizer dapat diberikan pada kelompok anak usia di atas 12 tahun hingga lansia. Tak hanya itu, vaksin ini juga dapat diberikan pada ibu hamil dan pasien dengan komorbid tertentu.

Salah satu peserta vaksinasi COVID-19 di Menara Bank Mega, Ratna (65), mengaku mau divaksinasi menggunakan vaksin Pfizer karena kebutuhan untuk umrah. Pasalnya, dalam waktu dekat ia ingin pergi melaksanakan ibadah umrah.

Padahal, sebelumnya Ratna belum mau menerima vaksin COVID-19 karena merasa tubuhnya masih bugar.

"Saya biasa olahraga, gowes, poli, sama joging, karena hobi. Saya bukan mau milih (jenis vaksin), sebenarnya terus terang saya nggak butuh vaksin, karena saya pikir saya olahraga banget hampir setiap hari," kata Ratna di Menara Bank Mega, Selasa (21/9/2021).

"Cuma anak saya bilang 'mama nggak bisa umrah kalau nggak vaksin'. Jadi saya mau," sambungnya.

Menurut anak dari Ratna, Fajar, vaksin Pfizer sudah terbukti aman untuk kelompok lansia. Selain itu, tingkat efektivitasnya juga tinggi dalam mencegah COVID-19.

"Cuma kayanya vaksin Pfizer lebih bagus, dari segi efektifnya lebih bagus, dia nggak perlu pakai booster lagi kan. Nggak perlu sekali dua kali sudah cukup, bisa buat umrah. Tadi insyaAllah ibu mau umrah dalam waktu dekat," jelas Fajar dalam kesempatan yang sama.

Bagaimana caranya jika ingin mendaftar?

Bagi yang mau divaksinasi menggunakan vaksin Pfizer, kamu bisa melakukan pendaftaran di detik.com/vaksinctcorp.

Pendaftaran dibuka untuk dosis pertama dan kedua. Vaksinasi di Menara Bank Mega ini dilaksanakan pada 11 September hingga 1 Desember 2021. Tersedia kuota untuk 1.000 orang per hari.

Syarat-syarat bila ingin mendapatkan vaksin Pfizer:

  • Usai 12-17 tahun harus didampingi orang tua dan membawa kartu keluarga.
  • Tentu saja, 18+ juga dilayani.
  • Pengidap komorbid dianjurkan membawa surat keterangan dari dokter yang merawat
  • Ibu hamil yang memasuki trimester kedua bisa mendapatkan vaksin Pfizer dengan menyertakan surat keterangan dari dokter kandungan, serta lolos skrining di lokasi.
  • Vaksin dosis kedua diberikan 21 hari setelah dosis pertama tanpa perlu mendaftar online lagi.
  • Penerima vaksin dosis kedua bersedia menerima penjadwalan ulang jika kuota telah habis di lokasi.

Program ini merupakan kerja sama CT Corp dengan Kementerian Kesehatan, sebagai bentuk CT Corp peduli keselamatan dan kesehatan masyarakat Indonesia.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)