Rabu, 22 Sep 2021 12:04 WIB

Singapura Diamuk COVID-19: Klaster Besar Sekolah-Kasus Sakit Berat Meningkat!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Singapura melaporkan kasus gejala berat dan angka pasien Corona rawat inap meningkat beberapa hari terakhir. Ratusan orang terinfeksi dari klaster perkantoran hingga asrama. Corona di Singapura. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Dua hari berturut-turut Singapura melaporkan harian kasus COVID-19 di atas seribu. Per Selasa (21/9/2021) ada 1.173 kasus baru Corona, 1.038 di antaranya adalah penularan komunitas, dan 135 kasus dari penghuni asrama.

Ada tiga kasus kematian COVID-19 yang dilaporkan, ketiganya lansia di atas 60 tahun, jumlah yang meninggal karena Corona di Singapura menjadi 65 orang. Ditambah lagi, Singapura mencatat 5 kasus baru Corona impor sehingga total kasus baru mencapai 1.178 kasus.

Kasus sakit parah

Kasus infeksi berat atau serius yang perlu perawatan rumah sakit juga meningkat. Dalam 4 hari bertambah sekitar 200 kasus, dari semula 813 kasus COVID-19 rawat inap, kini jumlah pasien yang dirawat sudah di atas seribu orang.

"Ada 1.109 pasien yang dirawat di rumah sakit, sebagian besar dalam keadaan sehat dan dalam pengawasan," kata Depkes setempat, dikutip dari Channel News Asia.

Jumlah pasien yang memerlukan suplementasi oksigen meningkat dari sebelumnya penambahan 90 orang, kini bertambah 147 kasus. Dari 147 kasus tersebut, 17 di antaranya tengah kritis dirawat dalam unit perawatan intensif (ICU).

Di antara mereka yang jatuh sakit parah adalah 135 manula di atas usia 60 tahun.

Dominasi kasus COVID-19 baru gejala ringan

Meski begitu, selama 28 hari terakhir, 97,9 persen kasus lokal tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala ringan. Total ada 246 kasus yang membutuhkan suplementasi oksigen dan 23 berada di ICU. Dari jumlah tersebut, 54,3 persen divaksinasi penuh dan 45,7 persen divaksinasi sebagian atau tidak divaksinasi.

Klaster besar, termasuk dari sekolah

Banyak klaster besar dilaporkan di Singapura. Salah satunya terjadi di pusat pendidikan LearnJoy, total sembilan klaster di sana tengah dipantau Departemen Kesehatan Singapura. Gugus ini memiliki total 10 kasus, terdiri dari satu anggota staf dan sembilan siswa.

Klaster di My Little Campus di Yishun telah meningkat setelah ditemukan 5 kasus baru. Ada total 24 infeksi di klaster tersebut terdiri dari dua anggota staf, 20 siswa dan dua anggota rumah tangga dari kasus tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2