Kamis, 23 Sep 2021 05:30 WIB

Apakah Setelah Vaksin Boleh Mandi? Ini Jawabannya Menurut Pakar

Syifa Aulia - detikHealth
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), KH Chriswanto Santoso meninjau sentra vaksin di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2021). Sebanyak 50.000 santri dan warga sekitar pondok pesantren telah divaksinasi COVID 19 di sentra vaksinasi ponpes Minhaajurrosyidin. Hari ini dilaksanakan pemberian vaksin dosis ke 2 dengan kapasistas 1500 orang. Apakah setelah vaksin boleh mandi? (Foto: Agung Pambudhy)

5. Apakah setelah vaksin boleh mudik?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya pernah mengatakan terkait wacana sertifikat vaksin COVID-19 sebagai syarat bepergian. Tetapi, wacana tersebut dibatalkan karena banyak dikritik masyarakat.

Hal itu dapat dilihat ketika pemerintah melarang masyarakat untuk mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021. Meskipun telah melakukan vaksinasi hingga dosis kedua.

Kini, Satgas Penanganan COVID-19 telah menetapkan syarat untuk bepergian dengan hanya menunjukkan hasil tes PCR yang berlaku selama 1x24 jam sebelum keberangkatan.

6. Apakah setelah vaksin boleh buka masker?

Membuka masker secara bebas setelah mendapat vaksin tidak dianjurkan oleh ahli. Menurut Michal Tal, PhD, ahli imunologi di Universitas Stanford, pemakaian masker masih terus berlanjut hingga semua orang telah mendapat vaksin dan kasus virus Corona sudah mereda.

Meski antibodi telah terbentuk, setiap orang masih bisa tertular virus jika tidak mengenakan masker. Sehingga tidak disarankan untuk langsung membuka masker.

"Ketika penularan komunitas rendah dan sebagian besar orang divaksinasi, saya pikir kita akan dapat dengan aman melepaskan masker kita," tambahnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)