Kamis, 23 Sep 2021 11:36 WIB

Minum Kopi Setelah Vaksin COVID-19, Aman atau Tidak? Ini Kata Ahli

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Amankah minum kopi setelah vaksinasi Covid-19? Berikut penjelasan para ahli. Ilustrasi kopi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa orang mungkin merasa khawatir untuk mengonsumsi makanan tertentu setelah vaksinasi. Salah satunya adalah minum kopi. Banyak orang mempertanyakan apakah minum kopi setelah vaksin bisa menimbulkan efek tertentu?

Kopi adalah salah satu minuman sehat yang mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Dilansir dari Healthline, kopi mengandung zat antioksidan yang tinggi yang dapat membantu tubuh untuk menangkal penyakit dan menjaga imunitas tubuh.

Sebuah penelitian bahkan menemukan kalau kopi dikaitkan dengan pencegahan paparan COVID-19. Hal tersebut diungkapkan oleh guru besar Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM Profesor Sri Anggrahini.

"Para pakar kesehatan menyoroti minum kopi dan kaitannya dengan pandemi corona yang tengah merebak. Dalam penelitiannya kopi terbukti berkontribusi dalam mendukung imunitas bersama dengan sayuran, minyak ikan, olahan daging," kata Sri dalam pidato di Rapat Terbuka Senat Dies Natalis ke-58 FTP UGM.

Meski kaya akan khasiat, beberapa orang mungkin masih khawatir untuk minum kopi setelah vaksin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan otoritas kesehatan lainnya sampai saat ini sebetulnya tidak pernah menyebut ada asupan tertentu yang jadi pantangan setelah mendapat vaksin COVID-19.

WHO juga menekankan, efektivitas vaksin tidak terpengaruh oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum atau sesudah vaksinasi. Artinya, secara umum seseorang bisa mengonsumsi makanan atau minuman apa saja asal dalam kondisi sehat.

Ahli kesehatan paru-paru Profesor Tjandra Yoga Aditama juga menambahkan, belum ada penelitian yang melihat secara spesifik dampak minum kopi setelah vaksin COVID-19.

"Saya sih belum pernah baca dampak minum kopi dan vaksin COVID-19," ungkap pria yang juga pernah menjabat sebagai direktur WHO Asia Tenggara saat dikonfirmasi detikcom (30/6/2021).



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(Rita Puspita Rachmawati/kna)