Kamis, 23 Sep 2021 22:00 WIB

Sudah Vaksin Dosis 1 Tapi Belum Dapat Sertifikat Vaksin? Begini Cara Ceknya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Cara Membuat Akun PeduliLindungi Mudah dan Cepat, Cek di Sini! Sertifikat vaksin tidak muncul, harus bagaimana? (Foto: Adi Fida Rahman/detikcom)
Jakarta -

Hampir seluruh kegiatan masyarakat, saat ini sudah mewajibkan sertifikat vaksin sebagai syarat. Namun, sertifikat vaksin Anda tidak muncul, meski sudah vaksin dosis 1? Simak solusinya di bawah ini.

Setiap orang yang sudah melakukan vaksinasi COVID-19 dosis 1 secara otomatis akan terdaftar di PeduliLindungi dan memiliki sertifikat vaksin. Meski begitu, banyak orang yang mengaku belum mendapat sertifikat vaksin, padahal sudah vaksin dosis pertama.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan bahwa setiap warga yang sudah menerima vaksin COVID-19, pasti menerima sertifikat dalam jangka waktu 7 sampai 10 hari setelah hari vaksinasi.

Sertifikat vaksin ini akan dikirimkan berupa tautan melalui SMS dari 1199. Jika tidak mendapat SMS dari 1199, kemungkinan besar ada kesalahan saat memasukan nomor telepon saat pendaftaran vaksin atau nomor telepon yang digunakan sudah tidak aktif.

Maka dari itu, penting untuk menggunakan nomor handphone yang aktif saat pendaftaran vaksin untuk dikirimkan sertifikat via SMS. Kesalahan memasukan data diri seperti nama dan Nomor Induk Kependudukan selama proses pendaftaran, juga bisa menyebabkan sertifikat vaksin tidak muncul.

Kemungkinan lainnya, adalah belum mendaftarkan diri di aplikasi PeduliLindungi. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi atau mengakses laman resmi https://www.pedulilindungi.id/

Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk cek sertifikat vaksin melalui situs resmi:

  • Buka laman resmi https://www.pedulilindungi.id/
  • Di bagian paling atas situs, terdapat kolom dengan keterangan 'Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Anda di sini,' kemudian klik
  • Setelah itu masuk menggunakan alamat email atau nomor telepon yang terdaftar
  • Tunggu dikirimkan kode verifikasi. Jika sudah, masukan kode dan klik tombol 'Verifikasi'
  • Kemudian masukan data diri. Pastikan semuanya terisi, lalu klik 'Periksa'
  • Sertifikat akan muncul secara otomatis
  • Untuk mengunduhnya klik 'Unduh Sertifikat'

Dikutip laman resmi PeduliLindungi, jika sertifikat tidak muncul, meski sudah vaksin dosis 1, bisa dengan menghubungi call center 119 dengan extension 9.

Cek sertifikat vaksin melalui aplikasi:

Pada aplikasi, pengecekan status vaksinasi dan pengunduhan sertifikat vaksin dapat dilihat pada menu 'AKUN'. Kemudian, pilih menu Riwayat dan Tiket Vaksin atau Sertifikat Vaksin. Jika di aplikasi juga tak muncul sertifikat vaksin, dr Siti Nadia Tarmizi menyarankan untuk menghubungi PeduliLindungi.

"Dikontak websitenya (PeduliLindungi) kalau belum dapat," sebut dr Nadia saat dikonfirmasi detikcom Rabu (7/7/2021).

Dikutip akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan RI @kemenkes_ri, langkah lain yang dapat dilakukan jika sertifikat vaksin tidak muncul, yakni dengan mengirimkan email ke sertifikat@pedulilindungi.id.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
d'Mentor
×
dMentor: Awas Manipulasi Robot Trading
d'Mentor: Awas Manipulasi Robot Trading Selengkapnya