Jumat, 24 Sep 2021 13:15 WIB

Mengobati Sakit Gigi Bukan Main-main, Gigi Berlubang Bisa Picu Masalah Jantung

Vidya Pinandhita - detikHealth
sakit gigi Ilustrasi sakit gigi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Setiap keluhan pada gigi perlu ditangani dengan cara mengobati sakit gigi yang baik dan benar. Maka itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk penanganan tepat. Penting untuk dipahami, besar kemungkinan penyakit pada gigi berkepanjangan akibat infeksi kuman dan bakteri merembet ke jantung.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, SpBM(K) MM menyebut mulut adalah gerbang masuknya segala makanan dan minuman. Jika mikroorganisme, yakni bakteri dari makanan menempel di gigi atau gusi, akan timbul kerusakan.

Yang berbahaya, jika peradangan tersebut merembet hingga pulpa atau saraf-saraf gigi dan pembuluh darah.

"Peradangan inilah yang menyebabkan radang pembuluh darah. Akhirnya mikroorganisme masuk ke dalam darah, masuk ke otak, jantung, ginjal, sendi-sendi, bawah kulit, dan lain-lain. Ini sangat berbahaya kalau kita tidak menjaga dengan baik, manakala berlubang segera ke dokter gigi," sambungnya terkait pengobatan sakit gigi.

Pendapat serupa ditambahkan oleh pakar kardiologi, dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA, FasCC. Menurutnya, orang yang mempunyai masalah gigi berlubang memiliki risiko terkena penyakit jantung dan masalah kardiovaskular hingga tiga kali lipat.

"Apabila ada kuman masuk aliran darah kemudian kuman itu ganas, bisa terjadi suatu kondisi di mana kuman menempel pada bagian tertentu di jantung. Akhirnya karena dibiarkan, tidak terawat dengan baik, tentu kuman tumbuh merusak jaringan tersebut. Bisa kita lihat di sini orang yang punya masalah gigi berlubang berisiko jantung tiga kali lebih tinggi," bebernya.

"Bahwa teori terjadi endokarditis, kuman masuk tubuh sirkulasi darah menempel di jantung. Sumber kumannya dari mana saja? Salah satu itu utamanya adalah dari mulut. Bahkan sekitar sepertiga sampai setengah kasus endokarditis di negara berkembang utama, terbukti sumber infeksi rongga mulut, " pungkas dr Ario.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kenali Gagal Jantung Sejak Dini, Apa Sih Penyebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]